Dari Kejuaraan Tingkat Provinsi Sampai Nasional SMK Mitra Sehat Mandiri Tak Berhenti Cetak Prestasi

3

Prestasi.

ZONATERKINI.COM — Sekolah SMK yang satu ini memang patut diacungi jempol. Dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ke-XXXI Tahun 2023 tingkat Provinsi Jawa Timur yang digelar di Jember pada 23 hingga 26 Mei, siswa SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo Fajar Rahmatullah berhasil meraih prestasi juara 3 dalam bidang Nautika.

Prestasi yang diraih oleh Fajar Rahmatullah siswa kelas 12 SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo sangat luar biasa dan mampu mengharumkan sekolah. Dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS), Fajar berhasil meraih juara 3 dari juri berdasarkan penilaian yang baik.

Dalam perlombaan tersebut, peserta diminta untuk melakukan perjalanan kapal dari titik A ke titik B sesuai dengan peta yang diberikan. Selain itu, mereka juga diuji dalam kemampuan lain seperti mendeteksi kapal pada radar sesuai dengan Jarak Pandang Sekitar (JPS) dan membuat tangga pandu dalam waktu lebih dari 3 jam. Prestasinya ini menjadi semangat bagi sekolah lain dan akan mempersiapkan mereka untuk bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Fajar mengungkapkan bahwa dia telah mempersiapkan diri dengan baik. Mulai dari latihan menggunakan peta, mempelajari teori pelayaran, hingga materi tentang perkapalan dan perikanan. Selain itu, ia juga mempersiapkan diri untuk praktik membuat tangga dan merajut tali.

Selama lomba, dia tidak mengalami kendala karena telah mempersiapkan dirinya sebaik mungkin. Di waktu yang sama, jurusan Farmasi pun tak mau kalah sebuah prestasi gemilang diraih dalam sebuah lomba karya tulis ilmiah yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Assosiation dan UIN Sunan Gunung Jati Bandung.

Lomba tersebut melibatkan peserta dari berbagai tingkatan pendidikan mulai dari SMP hingga perguruan tinggi. Sesuai dengan jurusan mereka, para siswa memutuskan untuk mengangkat tema pengolahan limbah kulit buah rambutan menjadi sediaan lotion. Mereka melakukan eksperimen untuk menciptakan formula lotion yang efektif. Dalam prosesnya, mereka juga menguji kemampuan sediaan lotion dalam melawan bakteri. Hasilnya, produk kosmetik yang mereka hasilkan terjamin bebas dari kontaminasi bakteri.

BACA JUGA :  Wow Heboh, 1.000 Lebih Penonton Hadir di Ciputra Film Festival

Dalam lomba tersebut, kelima anak didik SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo berhasil meraih medali emas. Kelimanya adalah Ach. Zaky Al Fauzi (12 FKK-1), Abelia Dwi Putri Farhandika (12 FKK-1), Hawwa’un Nuril Qulub (11 FKK-1), Lailatul Fitria (11 FKK-1), dan Gendis Arum Pertiwi (11 FKK-1). Prestasi ini menjadi bukti nyata akan keberhasilan mereka dalam mengeksplorasi ilmu pengetahuan dan meningkatkan kepercayaan diri.

Jika Nautika dan Farmasi mempersembahkan prestasi bidang akademik, jurusan keperawatan pun tak mau kalah. Dari bidang prestasi non akademik dipersembahkan oleh lomba pencak silat. Shintya Tifani Azrin kelas Xll Keperawatan berhasil menyabet juara 2 kelas putri kejuaraan tapak suci se-Jawa Timur.

“Prestasi yang membanggakan tentunya. Apalagi kejuaraan semuanya tingkat provinsi bahkan nasional,” ucap Kepala SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo, Apt. Andri Priyoherainto, S.Farm., M.Si.

Andri menjelaskan, di samping membekali keterampilan bidang akademik, sekolah juga membekali siswanya dalam bidang non akademik seperti pencak silat. Banyak kegiatan ekstrakulikuler (ekskul) yang sering mendulang prestasi untuk SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo. Bahkan, setiap tahunnya selalu ada saja siswa yang mengharumkan nama SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo untuk ikut serta dalam berbagai kejuaraan. Jadi, tidak hanya tentang akademik saja yang diperhatikan, tetapi ketrampilan atau kemampuan di bidang non akademik juga dikembangkan di SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo.

“Kami rutin mengirimkan siswa untuk ikut kejuaraan, baik itu tingkat kota, provinsi, ataupun nasional,” tuturnya.

Dengan prestasi yang diraih ini, SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo berharap dapat terus meningkatkan pengetahuan dan kepercayaan diri siswa-siswinya. Mereka berambisi untuk berpartisipasi dalam kompetisi-kompetisi nasional dan internasional di masa depan. Serta terus memberikan kontribusi positif dalam bidang ilmiah dan lingkungan. (Red)

BACA JUGA :  Lowongan Penulis Zona Terkini