Trobosan Baru SMP dan MA Darul Fikri Sidoarjo, Siap Hadapi Tantangan Global

21

Siswa – siswi SMP dan MA Darul Fikri Sidoarjo ketika mendengarkan arahan terkait program kelas bilingual. 

Zonaterkini.com _ SMP dan MA Darul Fikri (Dafi) di Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur, membuat suatu trobosan terkait pendidikan. Trobosan baru tersebut yaitu membuat program kelas bilingual dengan menggunakan 2 bahasa, berupa arab dan inggris.

M. Rukhan Asrori, S.S selalu guru pengajar bahasa inggris di Darul Fikri Sidoarjo mengatakan, kenapa kita terapkan pendidikan bilingual, karena hal ini dapat membentuk budaya positif sekolah dalam mengembangkan potensi santri dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan global,” Jelasnya, Jumat (20/1/2023) kemarin.

Lebih lanjut, pendidikan bilingual sendiri dikatakan efektif apabila dirumuskan secara terpadu melalui rancangan kurikulum yang dibentuk oleh sekolah dalam rangka mengembangkan peran literasi siswa dan sekolah,” Tambahnya.

Menurut Rukhan Asrori, pendidikan bilingual sangat efisien, karena pendidikan bilingual ini didukung adanya fasilitas dan media yang mendorong santri belajar berbahasa inggris dan arab secara kontinuitas. Hal ini tidak cukup dilakukan sekali, tetapi berkali – kali agar para santri mendapatkan faedah serta mampu menerapkannta dengan baik.

“Bertujuan untuk menciptakan iklim berbahasa inggris dan arab sebagai media komunikasi internasional para santri dalam mengembangkan kemampuan individu dan kelompoknya,” Ujarnya.

Selanjutnya, kita menggunakan pendidikan bilingual ini karena pihak yayasan dan sekolah memiliki satu visi misi dalam mewujudkan kompetensi global. Hal ini memang harus dimiliki oleh santri dalam menghadapi realitas di masa sekarang dan masa yang akan datang.

“Pendidikan bilingual ini dapat konsisten diterapkan di SMP dan MA Darul Fikri Sidoarjo serta berkomitmen untuk menjaga budaya positif sekolah dalam mewujudkan kompetensi global yang sesuai dengan visi misi sekolah,” Tutup M. Rukhan Asrori, S.S yang merupakan pengajar bahasa Inggris di Dafi Sidoarjo. (An)

BACA JUGA :  Prestasi Gemilang SMK YPM 7 Tarik Kabupaten Sidoarjo, Patut Ditiru