Kompetisi Karya Tulis Ilmiah, SMPIT Insan Kamil Sidoarjo Raih Juara Nasional

18

Foto: Istimewa

ZONATERKINI.COM __ Prestasi gemilang diraih tim KTI SMPIT Insan Kamil Sidoarjo, Jawa Timur yaitu Raisah Dhamiratus Zakia dan Alyssa Audrey Zahra Putri, berhasil meraih gelar juara nasional dalam Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Tingkat SMP/MTS se- Nasional, Sabtu (27/4).

Raisah dan Ica, yang berasal dari SMPIT Insan Kamil Sidoarjo, menyabet gelar juara 2 atas karya tulis ilmiahnya berjudul “Kombucha Bunga Telang dengan Berbagai Varian Rasa Buah Sebagai Pengganti Minuman Bersoda”.

Karya tulis ilmiah Raisah dan Ica melalui expo dan presentasi yang dinilai oleh juri dari anggota BRIN (Badan Riset Inovasi Nasional) berhasil menonjol di antara ratusan peserta babak awal hingga final dari seluruh Indonesia.

Dalam karyanya, Raisah dan Ica menyoroti pentingnya bioteknologi fermentasi kombucha bunga telang dengan buah alami sebagai alternatif mengganti kebiasaan masyarakat mengonsumsi minuman bersoda yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal, stroke, obesitas, dan diabetes mellitus. Melalui risetnya, Raisah dan Ica memberikan alternatif produksi kombucha bunga telang dengan berbagai varian rasa buah alami yang kaya akan vitamin B1, B2, B3, B6, B12, dan vitamin C serta manfaat yang terkandung yaitu meningkatkan kesehatan kulit, kesehatan pencernaan, serta sebagai sumber energi bagi tubuh.

Kemenangan Raisah dan Ica tidak hanya mengukuhkan bakat dan kecerdasannya, tetapi juga menunjukkan komitmen generasi muda dalam memecahkan masalah kebiasaan mengonsumsi minuman tidak sehat masyarakat.

“Saya sangat bersyukur atas kesempatan ini, berterima kasih kepada Ustadz Mustofa dan Ustadzah Ismi selaku pembimbing serta orang tua yang selalu mendukung saya” Ujar Ica.

“Saya harap karya tulis ini dapat memberikan inspirasi bagi banyak orang khususnya pada adik tingkat untuk peduli terhadap makanan-minuman yang sehat,” imbuh Raisah dengan rasa bangga.

BACA JUGA :  Mensos Tri Rismaharini: TPPO Karena Faktor Kemiskinan

Kepala SMPIT Insan Kamil Sidoarjo, Ustadz Fathur Rahman, menyatakan kebanggaannya atas prestasi Tim SPEIN-KIR.

“Saya merasa bangga dengan dua siswa ini yang mampu memberikan prestasi terbaik untuk sekolah. Memang dua siswi ini juga terlihat dari awal mereka bersungguh-sungguh, tekun dan ulet serta kritis untuk mewujudkan hasil praktikumnya, bisa menjadi karya yang terbaik di kancah nasional,” ucap Ustadz Fathur.

Prestasi Raisah dan Ica di Bidang KTI bukan hanya mengharumkan nama sekolahnya, tetapi juga menjadi inspirasi bagi siswa lainnya untuk terus mengembangkan potensi dan kontribusi mereka dalam membangun masa depan lebih baik.

(Red/File)