Belajar Demokrasi, Siswa SMPIT Sidoarjo Memilih Caketos

8

Foto: Istimewa

ZONATERKINI.COM __ SMPIT Insan Kamil Sidoarjo, Jawa Timur mengikuti pemilihan Calon Ketua OSIS (CAKETOS), Jumat (26/4). Pemilihan Caketos tersebut merupakan kegiatan tahunan yang rutin diselenggarakan.

Hal ini bertujuan untuk memberikan pelajaran kepada seluruh siswa SMPIT Insan Kamil Sidoarjo tentang demokrasi yaitu bisa memberikan hak suaranya memilih calon pemimpin di lingkup sekolah.

Fathur Rohman, Kepala SMPIT Insan Kamil Sidoarjo mengungkapkan, pemilihan Caketos ini merupakan implementasi dari kurikulum merdeka tentang pembelajaran demokrasi,” Ujarnya.

Ia menambahkan, siswa harus memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara memilih pemimpin dengan mengetahui akhlaqnya, ibadahnya, sosial, dan skill kepemimpinan yang dimiliki Caketos. Sehingga, ketika nanti kembali ke masyarakat mereka mampu menerapkan pengetahuan yang sudah dipelajarinya di sekolah tentang berdemokrasi,” Terang Fathur, sapaan akrab Kepala SMPIT Insan Kamil Sidoarjo.

Pemilihan Caketos berjalan lancar, terlihat para siswa dari kelas 7 sampai kelas 9 bergantian untuk menggunakan hak suaranya. Setelah pencoblosan selesai langsung dilanjutkan perhitungan suara. Perhitungan suara sendiri dilakukan secara transparan yang dihadiri guru, Caketos, dan wakil ketua kelas masing-masing. Mereka menjadi saksi dilaksanakannya perhitungan suara, sehingga memberikan kesan terbuka tanpa ada yang ditutup-tutupi.

Kegiatan pemilihan Caketos sebenarnya puncak dari acara yang disusun oleh panitia OSIS sebelumnya.

Para calon sebelumnya juga melaksanakan kampanye melalui Debat Caketos yang disaksikan oleh seluruh warga sekolah. Caketos memaparkan visi dan misi yang disusun di depan audiens. Acara tersebut dapat memberikan gambaran kepada warga sekolah untuk menentukan pemimpin OSIS mendatang.

Fathan, salah satu siswa SMPIT Insan Kamil Sidoarjo mengatakan, sangat senang mengikuti proses pemilihan Caketos, karena ada debat sampai mencoblos. Kegiatan ini merupakan pengalaman pertama selama bersekolah,” Ungkapnya.

BACA JUGA :  Mahasiswa Akademi Farmasi Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo di Wisuda

Ia berharap, ketua OSIS tahun mendatang lebih baik dari sekarang dan kegiatannya semakin seru,” Tutupnya. (Red)