UMAHA Peroleh Jumlah Pendanaan Proposal PKM 2024 Terbanyak di Wilayah Sidoarjo

76

Istimewa

ZONATERKINI.COM — Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan ajang untuk mengukir prestasi mahasiswa yang cukup bergengsi di setiap tahunnya. Mahasiswa dari seluruh Indonesia, baik PTN mapun PTS berlomba untuk bisa mendapatkan pendanaan PKM yang digunakan untuk kegiatan mengasah kreativitas. Tahun 2024 sebanyak 43 ribuan proposal didaftarkan melalui https://simbelmawa.kemdikbud.go.id/.

Warek III UMAHA Sidoarjo, Khoirul Ngibad, S.Si., M.Si., menyampaikan bahwa UMAHA Sidoarjo tahun ini bisa berhasil lolos pendanaan sebanyak 4 proposal.

“Prestasi ini perlu disyukuri. Kami juga mengapresiasi kepada para tim Jawara UMAHA Sidoarjo yang sudah lolos pendanaan. Yang belum lolos, jangan menyerah. Dipelajari kenapa proposalnya tidak lolos dan dievaluasi. Kemudian dicoba lagi tahun depan. Insya Allah bisa lolos pendanaannya, “ujarnya, Selasa (23/4).

Kedepannya kami akan gaspol lagi. Seperti semangat yang selalu digaungkan oleh Rektor kami dr. Hidayatullah, Sp.N mengenai akselerasi akademik. Kami di kemahasiswaan juga harus melakukan akselerasi dalam perolehan prestasi baik bidang akademik maupun non akademik,” jelasnya.

Lebih lanjut, mahasiswa yang lolos hibah PKM langsung kami koordinasikan agar nantinya bisa dijadikan sebagai pengganti tugas akhir sesuai SK Rektor tentang Penetapan Kegiatan Alternatif sebagai pengganti tugas akhir. Harapannya mahasiswa akan lebih semangat lagi untuk berprestasi dan membawa nama UMAHA Sidoarjo di level nasional,” Tambahnya.

Diketahui, kelompok 1 diketuai oleh Galuh Anggun Oktaviani yang beranggotakan Ulfatul Fadila dan Agis Ahkmat Fatoni yang merupakan mahasiswa dari D3 Teknologi Laboratorium Medis (TLM) FIKes UMAHA Sidoarjo dengan judul Aktivitas Antihiperkolesterolemia Kombinasi Ekstrak Etanol Daun Biduri (Calotropis gigantea L.) dan Daun Saga Pohon (Adenanthera pavonina L.) dan dosen pendamping Khoirul Ngibad, S.Si., M.Si.

Kelompok 2 diketuai oleh Cicik Wijayanti yang beranggotakan Lyrra Mirna Amanda, Nabilah Rosdiana Maulana, dan Yuke Pramudita Sari yang merupakan mahasiswa dari D4 Teknologi Laboratorium Medis (TLM) FIKes UMAHA Sidoarjo dengan judul Formulasi Obat Kumur Herbal dari Daun Salam (Syzygium polyanthum) dan Minyak Cengkeh (Syzygium aromaticum) dalam Menghambat Pertumbuhan Streptococcus mutans dan dosen pendamping Khoirul Ngibad, S.Si., M.Si.

BACA JUGA :  Harbuknas, KB TK Al Muslim Sidoarjo Gelar Pameran Karya Proyek Buku

Kelompok 3 diketuai oleh Sisilia Oktaviani Rahastri yang beranggotakan Moh. Anizur Rahman dan Sofiya Ayu Fernanda yang merupakan mahasiswa dari D3 Teknologi Laboratorium Medis (TLM) FIKes UMAHA Sidoarjo dengan judul Kombinasi Ekstrak Etanol Daun Biduri (Calotropis gigantea L.) dan Daun Bidara (Ziziphus cristi L.) sebagai Antihiperlipidemia Secara In Vivo dan dosen pendamping Khoirul Ngibad, S.Si., M.Si.

Kelompok 4 diketuai oleh Ferdinand Bagas Pratama yang beranggotakan Khrisna Bayu Pratama dan Muhammad Nur Sifa’uddin yang merupakan mahasiswa dari S1 Teknik Mesin Fakultas Teknik UMAHA Sidoarjo dengan judul Eksprimental Pembakaran Droplet Biodiesel Minyak Jelantah Blending Etanol Yang Dipengaruhi Medan Magnet dan dosen pendamping Dr. Dony Perdana, MT.

(Red)