Projek Kokurikuler di KB-TK Al Muslim Sidoarjo, Kuatnya Pesawatku

13

Istimewa

Zonaterkini.com __ Dalam memperingati Hari Penerbangan Nasional sekaligus sebagai puncak Projek Kokurikuler Tema Imajinasi dan Kreativitasku dengan Topik “Kuatnya Pesawatku”, KB TK Al Muslim Sidoarjo, Jawa Timur mengadakan kegiatan pameran dan presentasi hasil karya, Jumat (27/10/2023).

Kegiatan tersebut diikuti 148 siswa, 21 ustadzah, dan orang tua siswa KB TK Al Muslim Sidoarjo. Projek yang dilaksanakan selama 15 hari ini melalui 3 tahapan, yakni tahap permulaan, tahap pengembangan, dan tahap penyempurnaan. Ini merupakan salah satu implementasi pelaksanaan profil Critical and Creative Thinking, Managing and Collaboration, dan Communication.

Tepat pukul 07.15 WIB, para siswa KB TK Al Muslim Sidoarjo berbaris di Hall didampingi wali kelas masing-masing. Kemudian, dilanjutkan dengan menari dan menyanyi bersama serta pembukaan oleh Kepala KB TK Al Muslim Sidoarjo.

Dalam pembukaannya, Ustadzah Siti Aminah, M.Pd menyampaikan projek ini dapat melatih daya imajinasi, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, serta menumbuhkan keberanian dan rasa percaya diri siswa KB TK Al Muslim Sidoarjo.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menstimulasi karakter mandiri, daya kreativitas, dan kerja sama siswa dalam menyelesaikan tugas membuat pesawat,” Sambungnya.

Acara selanjutnya yakni sambutan oleh perwakilan BPKS KB TK Al Muslim Sidoarjo, Bunda Ananda Gendhis, kemudian doa penutup, dan diakhiri dengan salah satu puncak kegiatan yakni penerbangan pesawat kertas.

Melihat antusiasme para siswa KB TK Al Muslim Sidoarjo, Ustadzah Nur Fadhilah, M.Pd selaku PJ kegiatan menyampaikan Alhamdulillah anak-anak KB TK Al Muslim Sidoarjo sangat mandiri dan kreatif dalam membuat aneka pesawat, ada dari plastisin, stik, dan botol. Tadi juga anak-anak KB TK Al Muslim Sidoarjo menerbangkan pesawat, ada yang ditiup, ada yang menggunakan launcher, dan ada yang diterbangkan sendiri,” Ucapnya.

BACA JUGA :  KB TK Al Muslim Ikut Merayakan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo Ke-165

Tak berhenti di situ, kegiatan dilanjutkan dengan pameran dan presentasi hasil karya pesawat setiap siswa KB TK Al Muslim Sidoarjo di depan kelasnya masing-masing. “Untuk presentasi, Alhamdulillah rata-rata semuanya berani dan percaya diri untuk menceritakan hasil karyanya, walaupun masih ada beberapa anak yang malu. Namun, setelah dimotivasi oleh ustadzah dan orang tua yang hadir, akhirnya mau maju dan menampilkan hasil karyanya,” Ujar Ustadzah Nur.

Hal yang sama disampaikan Bunda Ananda Gendhis selaku perwakilan BPKS KB TK Al Muslim Sidoarjo, “Saya sangat senang dengan projek kokurikuler dengan tema Kuatnya Pesawatku, yang mana melatih anak-anak untuk tampil percaya diri mempresentasikan hasil karya mereka di depan wali murid dan wali kelas mereka masing-masing. Saya harap kegiatan ini dapat menambah ilmu pengetahuan dan skill kreativitas anak-anak”, Tuturnya.

Dengan durasi kegiatan kurang lebih selama dua jam, para siswa KB TK Al Muslim Sidoarjo tetap terlihat bersemangat dan bersenang-senang dalam bermain dengan hasil karyanya. “Aku senang sekali bisa membuat helikopter dari gelas. Kalau sudah besar, aku ingin membuat helikopter,” Kata Ananda Icha. (Red)