Pendaftaran Calon Anggota KPPS Desa Pakel Tuban Menarik Minat Generasi Millenial

62

Calon anggota KPPS sedang melakukan pendaftaran. 

Zonaterkini.com — Pembukaan pendaftaran calon anggota KPPS pada Pemilu Serentak Tahun 2024 di Desa Pakel Kecamatan Montong Kabupaten Tuban, Jawa Timur menjadi daya tarik bagi kaum millenial untuk diikuti.

Pekerjaan sebagai KPPS nantinya tidak hanya membutuhkan yang berpengalaman saja, namun fisiknya juga kuat, karena proses pemilihan dan penghitungan lama. Bahkan diprediksi akan selesai sampai tengah malam sehingga menguras tenaga dan fikiran anggota KPPS.

Selain tantangan, menjadi anggota KPPS juga diminati oleh masyarakat karena gajinya yang cukup besar yakni untuk ketua KPPS sebesar Rp. 1.200.000 sedangkan anggota KPPS sebesar Rp. 1.100.000 ditambah biaya operasional di TPS pada hari pencoblosan.

Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Pakel Kecamatan Montong Kabupaten Tuban telah resmi mengumumkan pendaftaran calon anggota KPPS di Balai Desa setempat dan lokasi strategis lainnya serta di media sosial facebook, Instagram serta WhatsApp. Hal ini agar informasi dapat tersebar menyeluruh di kalangan warga masyarakat Desa Pakel sehingga antusiasme warga untuk menjadi anggota KPPS meningkat.

Diketahui, PPS Desa Pakel pada Pemilu Serentak Tahun 2024 ini membutuhkan sebanyak 84 orang untuk menjadi KPPS di 12 TPS yang tersebar di wilayah Desa Pakel yakni Dusun Krajan 9 TPS dan Dusun Lengki 3 TPS.

Ketua PPS Desa Pakel, Syai’in Alim, M.Pd mengucapkan Alhamdulillah mas, pendaftaran KPPS Pemilu 2024 telah dibuka mulai hari ini Tanggal 11 sampai 20 Desember 2023, semoga antusias masyarakat untuk menjadi KPPS meningkat sehingga proses Pemilu terlaksana dengan baik, lancar dan sukses,” katanya yang saat ini menjabat sebagai Ketua GP Ansor Desa Pakel tersebut, Selasa (12/12).

Pada hari pertama pendaftaran calon anggota KPPS, lanjut Syai’in Alim bahwa sudah ada 10 orang pendaftar yang semuanya merupakan usia millenial yakni usia 20 sampai 30 Tahun. Sebagian pendaftar ada yang sudah pernah menjadi KPPS dan ada pendaftar baru.

BACA JUGA :  Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Rekrutmen calon anggota KPPS ini sebelumnya sudah dikoordinasikan dengan pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Pakel dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) agar proses ini berlangsung dengan baik sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Pendaftaran calon anggota KPPS dimulai Tanggal 11 sampai 20 Desember 2023, mulai jam 08.00 sampai 16.00 WIB di Sekretariat PPS Desa Pakel dengan petugas piket yang sudah terjadwal. PPS Desa Pakel juga membuka konsultasi via WhatsApp 24 jam bagi masyarakat yang ingin bertanya terkait pendafataran KPPS Pemilu Serentak Tahun 2024, sesuai slogan KPU Melayani.

Kemudian tahapan berikutnya yaitu penelitian administrasi Tanggal 11 sampai 22 Desember 2023, pengumuman hasil penelitian administrasi Tanggal 23 sampai 25 Desember 2023, tanggapan dan masukan masyarakat Tanggal 23 sampai 28 Desember 2023. Juga pengumuman hasil seleksi Tanggal 29 Desember 2023, penetapan Tanggal 24 Januari 2024 dan pelantikan KPPS Tanggal 25 Januari 2024.

Penulis : Syai’in Alim, M.Pd., Ketua PPS Desa Pakel.