Mahasiswa UAM Sidoarjo Melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus

106

Istimewa

Zonaterkini.com _ Bertema “UAM Sinergi” Universitas Anwar Medika (UAM) Sidoarjo, Jawa Timur melaksanakan pengenalan kehidupan kampus tahun akademik 2023/2024 bagi mahasiswa baru.

Ketua Senat UAM Sidoarjo, dr. Hj. Farida Anwari, MPH.,MM mengucapkan selamat bergabung dan menjadi bagian di kampus yang mempunyai visi yaitu menjadi Universitas yang berdaya saing di tingkat nasional maupun internasional dalam pembangunan bangsa dengan mengedepankan kompetensi, karakter humanis, dan wawasan kesehatan,” Ungkapnya.

Bagi mahasiswa baru, lanjut Farida Anwari, kalian telah memasuki fase baru di kehidupan yaitu menjadi mahasiswa. Disaat yang sama, ketika saya menjadi mahasiswa baru, saya tidak pernah membayangkan akan menjadi apa saya di masa depan. Mungkin juga seperti apa yang mereka rasakan saat ini. Ada sebuah perumpamaan, berkah, rezeki dan kesuksesan itu ibarat air hujan yang diturunkan oleh Tuhan ke bumi yang begitu luas dan tanpa batas. Tapi mengapa, ada orang yang mendapatkan sedikit ada juga yang mendapat banyak berkah, rezeki dan kesuksesan. Perbedaannya adalah pada wadah yang menampung berkah itu. Kalau kita punya satu wadah, maka kita akan mendapat air hujan paling banyak satu wadah penuh itu saja, kalau kita punya dua kita akan mendapat paling banyak dua wadah penuh. Semakin banyak wadah yang kita miliki maka semakin banyak air hujan yang bisa kita tampung, bisa kita dapatkan. Begitupun di dalam meraih kesuksesan, karena Tuhan tahu seberapa mampu kita diberikan amanah kesuksesan itu,” Jelasnya.

Tugas mereka, kata Farida Anwari, bahwa saat ini adalah memperbesarkan wadah yang ia punya, memperbesar kapasitas dan kualitas diri, memperbesar kemungkinan mendapatkan banyak kesempatan, keberkahan, banyak rezeki dan banyak kesuksesan. Jangan berharap akan sukses tanpa kemauan dan usaha untuk memperbesar kapasitas dan kualitas diri kita. Tanyakan pada diri kita sendiri, apakah kita sudah pantas untuk mendapatkan kesuksesan itu. Hal ini hanya bisa di raih jika menempa diri dengan ilmu, kompetensi, keterampilan, hardskill dan softskill. Maka dari itu aktiflah dalam setiap perkuliahan, dalam setiap praktikum, seminar, pelatihan-pelatihan, kegiatan organisasi dan kegiatan kemahasiswaan lainnya, baik di lingkungan Universitas Anwar Medika maupun di lingkungan lain. Karena sesungguhnya mereka sendirilah yang membutuhkan itu semua,” Terangnya.

BACA JUGA :  Petenis Christopher Rungkat dan Aldila Sutjiadi Raih Medali Emas

Persiapkan juga kemampuan dalam berkomunikasi, bekerja sama dalam tim, memecahkan masalah, dan perluaslah jejaring kalian, bergaulah dalam komunitas-komunitas yang akan membuka wawasan kalian untuk menuju kesuksesan kalian di masa depan. Pergunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya, karena waktu 3-4 tahun bukanlah waktu yang lama, sangat singkat dan segera berlalu. Tinggallah nanti, pada saatnya, apakah kalian siap atau tidak siap menghadapi persaingan di dunia kerja mendatang,” Ujarnya.

Berbicara tentang persaingan yang akan dihadapi di masa depan tidak hanya persaingan dengan manusia, namun juga dengan robot, dengan mesin, dengan Artificial Intelligence (AI) yang tidak memiliki batas waktu bekerja, tidak pernah merasakan Lelah, dan dengan tingkat akurasi yang tinggi. Apakah kalian siap, namun demikian ada sau hal yang tidak bisa dilakukan oleh AI yaitu Human Touch dan keputusan yang hanya bisa dilakukan oleh manusia. Janganlah kita menganggap AI sebagai pesaing, namun jadikan AI untuk menjadi partner kita. Hiduplah berdampingan dengannya, pelajari bagaimana AI bekerja, manfaatkan dia untuk mempermudah pekerjaan kita. Milikilah integritas yang tinggi sehingga kalian bukan manjadi bagian dari orang yang akan dikalahkan oleh mesin, namun menjadi orang yang dibayar mahal dengan mengendalikan mesin,” Ujarnya.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan kekuatan kepada kita semua, untuk memperbesar kapasitas dan kualitas diri kita. Selamat mengikut kegiatan PKKMB, selamat berjuang di Universitas Anwar Medika, Humanity beyond excellence,” Tutupnya. (*red)