Syekh Prof Dr Hisyam Kamil Hamid Musa Kunjungi Ponpes Al Fattah Sidoarjo

14

Zonaterkini.com – Pondok Pesantren Al Fattah di Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur melaksanakan kegiatan Muhadaroh dan Ijazah Amma, Selasa (28/2). Kegiatan tersebut dihadiri Syekh Prof. Dr. Hisyam Kamil Hamid Musa yang merupakan Masyayikh Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir.

Kepala SMA Al Fattah Sidoarjo, Ridwan Manan S.Pd, M.Pd menjelaskan, kegiatan itu merupakan bagian dari rangkaian safari dakwah yang dilakukan ke pesantren-pesantren yang muadalah di Indonesia.

Dia menyebutkan, Al Fattah dan ulama Al Azhar memiliki hubungan yang kuat sejak 21 tahun yang lalu. Semenjak pengasuh Pondok Pesantren Al Fattah Sidoarjo K.H. Muhammad Fauzan LC., M.Pd melanjutkan kuliahnya di Al Azhar.

Sehingga pada hakikatnya Pondok Al Fattah Sidoarjo memiliki hubungan yang kuat dengan Al Azhar. Termasuk untuk menjaga ideologi Al Azhar sebagai islam moderat atau yang disebut Manhaj Al Washathiyyah. Tujuannya secara luas sebagai lembaga dakwah Al Fattah Sidoarjo berperan menjaga Manhaj tersebut.

Ridwan menyebutkan, kurikulm Al Fattah Sidoarjo sudah setara dengan Al Azhar.

“Dengan kegiatan itu, diharapkan banyak santri yang diterima di universitas yang ada di Kairo, Mesir tersebut,” Katanya.

Selain memberikan Muhadaroh atau ceramah umum, juga diberikan ilmu untuk mengkhatamkan hadits Arbain secara global. Kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Baiturrohim itu dihadiri seluruh santri Al Fattah Sidoarjo.

Ridwan mengatakan, ke depan pihaknya siap mengelola dan membina siswa yang berkeinginan untuk belajar di Al Azhar atau bahkan di manapun. Seperti Yordania, Maroko, dan Turki.

“Kami siap membina dan mewadahi keinginan santri,” Ujarnya. (An)

BACA JUGA :  Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah Sepanjang Gelar Pelatihan Kader Taruna Melati 1