Selain Olimpade Expose Talent, SMP YPM 1 Taman Juga Berikan Para Orang Tua Pemahaman Mendidik Anak

4

Foto: Istimewa

ZONATERKINI.COM — Orang tua wali murid sekolah dasar asal Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik, Jawa Timur begitu antusias mengikuti kegiatan Talk Show yang diselenggarakan SMP YPM 1 Taman Sidoarjo, Sabtu (24/2/2024) pagi. Kegiatan tersebut bertempat di Graha Anugerah Gusti 2 Komplek Kampus Umaha, Megare No. 30, Ngelom Kecamatan Taman, Sidoarjo.

Sambil menunggu anak-anak yang lagi mengikuti Olimpade Expose Talent 2024 yang diselenggarakan SMP YMP 1 Teman, para orang tua diajak dan dimotivasi serta diarahkan bagaimana caranya mendidik anak-anak supaya bisa berkualitas dan berprestasi. Hal ini dengan harapan dapat menunjang kehidupannya di masa yang akan datang, yaitu menjadi Generasi Z yang Islami, dan berakhlakul karimah.

Kegiatan yang dikemas dalam Talk Show “Kiat Sukses Mendidik Gen Z Berprestasi” tersebut dibuka Kepala SMP YPM 1 Taman, Sidoarjo Dra. Hj. Indah Murfidah. Kegiatan super spesial ini juga menghadirkan pemateri yang mampuni di bidangnya, Dr. dr. Siti Nur Asiyah, M.Ag dari Dosen Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Kota Surabaya.

Kepala SMP YPM 1 Taman, Hj. Indah Murfidah menuturkan, kalau kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada orang tua siswa SD, yang lagi menunggu anak-anaknya mengikuti Olimpiade. Orang tua tersebut kami berikan pemahaman dan penjelasan tentang program-program yang ada di sekolah kami.

“Kita sampaikan terkait sarana dan prasarana yang ada di SMP YPM 1 Taman, fasilitas serta prestasi-prestasi dari anak-anak hingga para guru-gurunya, mulai tingkat kabupaten, nasional sampai internasional. Dengan harapan, anak-anaknya yang lulus SD ini bisa melanjutkan dan bersekolah di SMP YPM 1 Taman,” Ungkap Indah Murfidah.

Sementara itu, pemateri Siti Nur Asiyah dalam penjelasannya tentang anak-anak Generasi Z yang sekarang ini memang tidak terlepas dari teknologi. Bila anak-anaknya tidak bisa melepas dari kebiasaannya memegang HP, maka tidak perlu gelisah. Tetapi harus diawasi secara ketat.

BACA JUGA :  Adik DM Akan Dipanggil Bareskrim Polri

“Tugas orang tua adalah mengarahkan dan mengontrol anak-anaknya yang menggunakan Gadget. Jangan sampai anak-anaknya menjadi kecanduan Gadget atau game karena itu bisa berbahaya. Jadi HP itu harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mencari ilmu, yang bisa mengantarkan anak-anak meraih prestasi,” Jelasnya.

“Untuk membimbing dan mengarahkan itu tidak cukup dilakukan oleh guru saja, tetapi juga orang tua. Termasuk mengontrol anaknya secara baik, agar tidak kecanduan bermain Gadget karena efeknya juga tidak bagus. Kondisi sekarang memang dunianya Gadget, sehingga mereka tidak bisa dilarang, tetapi perlu diarahkan dan dikontrol,” Tegas Siti Nur Asiyah.

Di sisi lain, kegiatan Olimpiade Talents 2024 yang diikuti sebanyak 430 siswa, sudah memasuki babak finalis.

“Matematika sebanyak 30 siswa dan IPA sebanyak 38 siswa, dan hasilnya akan dimumkan pada Selasa tanggal 27 Februasi 2024,” Jelas Ketua Pelaksana Olimpiade Expose Talents SMP YPM 1 Taman, Rahma Primadani, M.Pd.

(Liputan Inspirasi/ZT)