SD Al Muslim Kenalkan Pentingnya Konservasi Hutan

9

Sinergi: Penandatanganan MoU dengan UPT Perbenihan Tanaman Hutan, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur.

Zonaterkini.com _ Ada yang tahu berapa total luas kawasan hutan Indonesia saat ini? Luas kawasan hutan di Indonesia mencapai 125,76 juta hectare (ha) pada tahun 2022, dan angka tersebut setara dengan 62,97% dari luas Indonesia yang sebesar 191,36 juta ha. Dan sudah bukan menjadi rahasia bahwa luas hutan di Indonesia perlahan mengalami penurunan.

Namun demikian, hal ini bukanlah sebuah peristiwa yang kemudian patut ditinggal diamkan tanpa melakukan tindakan nyata. Pendidikan pentingnya konservasi hutan perlu dikenalkan sejak dini.

Indonesia memiliki peranan sangat penting bagi dunia dalam menekan kenaikan suhu bumi, dengan jumlah hutan terbesar ke-2 di dunia. Indonesia menjadi negara paru-paru dunia, penghasil oksigen terbesar ke-2 dan negara yang mampu menyimpan karbon karena jumlah tutupan lahan yang besar.

Sebagai wahana menimba ilmu dan membentuk karakter kepemimpinan yang peduli terhadap lingkungan sekitar, SD Al Muslim menanamkan kepada segenap warga sekolah khususnya peserta didik pentingnya memiliki persepsi bahwa hutan merupakan salah satu alat mitigasi bencana. Gerakan menanam pohon adalah tindakan penting yang perlu dilakukan oleh diri mereka di mana pun berada yang kemudian pada akhirnya akan mengajak masyarakat sekitar melakukan hal sama yang telah dilakukan di sekolah. Hal ini sejalan dengan profil lulusan SD Al Muslim pada profil Living Healthy dan Green. Pada dimensi healthy living yang bertujuan membuat perubahan gaya hidup yang lebih sehat dan bertanggungjawab atas kesehatan sendiri serta orang lain. Sedangkan dimensi green living yang bertujuan bertanggungjawab dan berkontribusi pada upaya pemeliharaan lingkungan dan keberlangsungan hidup.

Perlu diketahui, SD Al Muslim melakukan penandatanganan MoU dengan UPT Perbenihan Tanaman Hutan, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur. Penandatanganan tersebut dilakukan SaptoYuwono, Shut, MM., selaku Kepala UPT PerbenihanTanaman Hutan Jawa Timur dengan Fatimatuz Zahroh, S.Pd., M.Pd., selaku Kepala SD Al Muslim, JawaTimur, Selasa (29/8/2023). Ditandai dengan penanaman bibit tanaman mangga, bibit tanaman ketapang kencana, bibit tanaman pule, dan bibit tanaman beringin.

BACA JUGA :  SMK Krian 2 Sidoarjo Raih Juara di 14 Bidang LKS, Berikut Nama Siswanya

Penanaman dilakukan dengan menggunakan teknik tabulampot sebagai pendukung project P5 SD Al Muslim, serta di hutan mini SD Al Muslim sehingga keanekaragaman tanaman di hutan mini SD Al Muslim bertambah dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran peserta didik SD Al Muslim. Hutan memiliki peranan penting dalam konservasi air dan udara serta tanah. Oleh karenanya, sangat penting hal ini dipahami dan diterapkan sejak dini.

“Kami berharap dengan penanda tanganan MoU ini segenap warga SD Al Muslim, khususnya anak-anak kita yang masih SD ini benar-benar memiliki wawasan pentingnya konservasi hutan sejak dini. Pentingnya peduli lingkungan sejak dini, sehingga Indonesia tetap akan tumbuh sebagai negara dengan paru-paru dunia yang memberikan banyak manfaat bagi sesama,” tutur Kepala UPT Perbenihan Tanaman Hutan JawaTimur, di tengah berlangsungnya kegiatan.

Hal ini senada dengan yang disampaikan Kepala SD Al Muslim bahwa dengan melakukan penandatanganan MoU ini akan lahir generasi-genersi hebat peduli hutan dan lingkungan sekitar.

“Kami berharap, akan tumbuh dan lahir generasi-generasi pemimpin yang mementingkan kelestarian hutan dan lingkungan sekitar dari SD Al Muslim ini. Terima kasih kepada Bapak Yuwono yang telah berkenan hadir dan melakukan penandatanganan MoU dengan pihak kami, SD Al Muslim, JawaTimur. Semoga dengan upaya yang telah dilakukan oleh SD Al Muslim ini akan memberikan dampak besar bagi kemajuan dan kelestarian hutan serta lingkungan kita semua,” Tutupnya. (*red)