Pemustaka Teraktif di KH Mukmin Sidoarjo, Tumbuhkan Minat Baca

5

Foto: Istimewa

Zonaterkini.com — Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nahdlatul Ulama (NU) KH Mukmin di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur memberikan perhatian khusus terhadap literasi dengan menggelar penghargaan untuk pemustaka teraktif.

Kepala Perpustakaan MINU KH Mukmin Sidoarjo Lailatus Zakiyah mengungkapkan data menarik dari kegiatan ini.

Pihaknya mendata pemustaka teraktif melalui aplikasi digital perpustakaan online. Kegiatan tersebut diadakan dua kali dalam satu semester. “Diumumkan setelah kegiatan anak-anak di STS/SAS,” Ujarnya, Senin (11/12).

Tidak hanya terbatas pada siswa dari kelas 1 hingga kelas 6, juga melibatkan partisipasi aktif dari para bapak dan ibu guru. “Tujuan utamanya adalah memberikan motivasi dan semangat kepada siswa agar rajin membaca dan lebih sering berkunjung ke perpustakaan,” Ungkap Lailatus Zakiyah.

Penghargaan itu bukan hanya sekedar bentuk apresiasi, tetapi strategi untuk menciptakan budaya membaca yang kuat. “Harapan kami adalah kegiatan ini dapat menumbuhkan minat baca yang membudaya, tidak hanya pada siswa, tetapi juga di kalangan para guru dan seluruh warga sekolah,” Terang Zakiyah, sapaan akrabnya.

Dengan melibatkan semua elemen sekolah, MINU KH Mukmin Sidoarjo berupaya menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan literasi. Harapannya, kegiatan ini akan menjadi langkah positif dalam membentuk generasi yang memiliki minat baca tinggi dan pengetahuan yang luas.

(Red)

BACA JUGA :  Satu Dasa Warsa Umaha Sidoarjo, Adakan Gala Night Bersama Cak Lontong