KB-TK, SDIT dan SMPIT Insan Kamil Sidoarjo Gelar Simulasi Sholat Idul Fitri

12

ZONATERKINI.COM — Mengajarkan kepada siswa tentang tata cara sholat Idul Fitri yang benar, Yayasan Pendidikan Insan Kamil Sidoarjo mengadakan simulasi. Dalam kegiatan tersebut diikuti seluruh dewan guru, siswa KB-TK, SDIT dan SMPIT Insan Kamil Sidoarjo.

Terkait persiapan yang dilakukan yaitu sehari sebelumnya para anak-anak diberikan materi tentang sholat Idul Fitri dan sunah-sunahnya,” Kata ketua panitia sekaligus Waka Kesiswaan SMPIT Insan Kamil Sidoarjo, Fathur Rohman, S.Pd.l., Selasa (11/4).

Fathur menjelaskan, para siswa juga diajari tata tertib sholat terkait mengatur shof yang sudah dikondisikan para peserta didik dengan membawa peperlengkapan.

Menurut dia, simulasi sholat Idul Fitri yang diberikan ini sesuai dengan apa yang diajarkan Rasulullah SAW dan tidak ada perbedaan dalam teknis pelaksanaannya. Selain itu, tujuannya untuk memberikan pemahaman akan pentingnya ibadah sholat Idul Fitri dan mengetahui beberapa kesunahan dalam proses pelaksanaan ibadah tersebut,” Ungkapnya.

Lanjut Fathur, kita juga melakukan pembacaan takbir, sosialisasi sunah-sunah dan tata cara sholat Idul Fitri yang benar. Dalam kegiatan tersebut bertempat di lapangan SMPIT Insan Kamil Sidoarjo. Diikuti seluruh siswa, dan guru RAIT, SDIT dan SMPIT Insan Kamil Sidoarjo.

Harapannya, siswa bisa memahami tata cara beribadah sholat Idul Fitri yang benar sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW serta mempraktekkannya,” Punkasnya.

Meneruskan, Kepala SMPIT Sidoarjo, Qotul Uhbah, S.Pd mengucapkan Masyaallah ini sebuah pembelajaran yang sangat bermakna bagi anak-anak. Tidak hanya pengetahuan yang kita berikan tentang tata cara sholat Idul Fitri sesuai sunah Rasulullah SAW, tapi kita juga langsung praktek bersama-sama.

Simulasi sholat Idul Fitri hari ini sangat khusyuk, penuh makna dan menggembirakan seperti sesungguhnya, karena ada takbirannya. Seluruh siswa dari unit TK, SD, SMP dan guru-guru memenuhi lapangan sekolah membentuk shof yang panjang. Begitupun imam dan khatib langsung dari anak-anak juga, yakni siswa kelas 9 bernama Mas Hilmi dan Maulana. Sehingga proses pembelajaran sholat Idul Fitri menjadi lebih maksimal hari ini,” Terangnya.

BACA JUGA :  SDIT Bersama SMPIT di Sidoarjo Ini Galang Dana Gempa Turki dan Syria

Sementara, Imam Simulasi sholat Idul Fitri Muhammad Hilmi Mu’afa mengatakan, kegiatan ini sangat baik untuk mengedukasi para siswa. Karena hal ini sebagai pembelajaran sholat Idul Fitri agar para siswa dapat memiliki bekal untuk menunaikan di daerahnya masing-masing,” Tutupnya. (Red)