Kawah Kepemimpinan Pelajar di SMK YPM 1 Taman, Cetak Calon Pemimpin Masa Depan

32

Foto: Istimewa

ZONATERKINI.COM — Setiap manusia hakikatnya diciptakan untuk menjadi pemimpin bagi diri sendiri dan orang lain di manapun ia berada. Untuk mewujudkan jiwa kepemimpinan tersebut tentu membutuhkan proses dan kaderisasi yang baik dan terarah melalui pendidikan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Dimana sekolah sebagai lembaga pendidikan formal, memiliki peran strategis untuk membentuk jiwa kepemimpinan peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah seperti OSIS, pramuka, kerohanian, klub olahraga, dan sejenisnya, menjadi sarana untuk mengasah kemampuan siswa dalam mengimplementasikan nilai-nilai kepemimpinan tersebut.

Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) adalah salah satu media untuk mengasah kemampuan agar menjadi pemimpin masa depan dengan karakter profil pelajar pancasila.

Dalam rangka melatih dan meningkatkan jiwa kepemimpinan siswa – siswi, SMK YPM 1 Taman Kabupaten Sidoarjo kembali menggelar program tahunan yg berupa Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) bagi siswa kelas X dan XI. Kegiatan yang diikuti sebanyak 61 siswa pilihan yang berlangsung pada tanggal 9 dan 10 Februari 2024 bertempat di Vila Cemara Pacet.

Dalam sambutannya pada upacara pembukaan, Kepala SMK YPM 1 Taman, Sidoarjo, H. Harjono, M.Pd., mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan mencetak pemimpin yang berkualitas, berkarakter dan memiliki tanggung jawab,” Ujarnya, Minggu (11/2).

Adapun pembekalan di hari pertama difokuskan pada materi Leadership, Problem Solving Method, Administrasi Organisasi, Managemen Organisasi dan diskusi, Api Unggun, serta Caraka Malam. Sedangkan rangkaian acara pada hari kedua, diisi dengan kegiatan out door yaitu outbond dengan berbagai games yang seru dan menarik. Semuanya dikemas dalam bentuk permainan yang efektif serta menggabungkan antara intelegensia, fisik dan mental.

“Kegiatan Kawah Kepemimpinan Pelajar ini merupakan sebuah agenda untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan sebagai bagian dari Penguatan Pendidikan Karakter yang kali ini kita fokuskan pada pembentukan generasi pemimpin yang disiplin, cerdas, bertanggung jawab, dan berakhlaq mulia”, Imbuh H. Harjono.

BACA JUGA :  Polda Jatim dan Kodam V Brawijaya Berolahraga Bersama

Selama dua hari, para siswa digembleng untuk memiliki jiwa kepemimpinan yang berkualitas. Seluruh rangkaian kegiatan menuntut para peserta untuk disiplin, semangat, pantang menyerah, dan memiliki daya juang yang tinggi. Meski sempat diguyur hujan yang sangat lebat, para peserta dan pembina tetap antusias serta penuh gairah untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan hingga tuntas.

Disisih lain, M. Zainul Fuad, Waka Kesiswaan SMK YPM 1 Taman, Sidoarjo mengatakan pelaksanaan kegiatan KKP merupakan salah satu ikhtiar untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan peserta didik. Melalui KKP ini diharapkan para peserta mampu melatih, mengembangkan, memantapkan diri, dan bertukar pengalaman bagaimana model kepemimpinan yang baik serta bermanfaat menuju terbentuknya pemimpin ideal Indonesia”, Jelasnya.

Anggun Ruci, salah satu peserta membagikan pengalamannya setelah mengikuti acara kawah kepemimpinan pelajar ini. Ia merasa senang karena bisa belajar banyak dan hal baru seperti kepemimpinan, problem solving, kerjasama tim, administrasi managemen organisasi dan sebagainya.

“Sangat menyenangkan, bisa belajar banyak hal tentang kepemimpinan, selain bisa menambah wawasan, saya juga tambah termotivasi,” Ujar Anggun.

Semua peserta KKP ini memang sengaja dicetak dan diproyeksikan sebagai pengurus OSIS yang akan meneruskan kepengurusan kakak-kakak kelasnya nanti.

Semoga SMK YPM 1 Taman Sidoarjo semakin Berjaya dan Berdigdaya. (Red)