Kader Adiwiyata SD Al Muslim Belajar Bersama Tim UPT Perbenihan Tanaman Hutan Dinas Kehutanan Jatim

18

Foto: Istimewa

ZONATERKINI.COM — Pada, Jumat, 2 Februari 2024, segenap kader Adiwiyata kelompok kerja pembibitan, penanaman, dan pemeliharaan tanaman SD Al Muslim Sidoarjo, Jawa Timur berangkat bersama menuju UPT Perbenihan Tanaman Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur di Jl. Stadion No. 1, Kemiri, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo.

Dengan menggunakan armada antar jemput sekolah dan didampingi Zaimatus Zaifaro, M.Pd selaku ketua gugus karakter Yayasan Pendidikan Al Muslim Sidoarjo beserta Fauziah Isnani, S.Pd., dan Rafidah Nur Utami, S.Si. selaku penanggung jawab Pokja Pembibitan, Penanaman, dan Pemeliharaan Tanaman SD Al Muslim Sidoarjo guna belajar bersama tentang pembibitan tanaman hutan.

Segenap kader Adiwiyata SD Al Muslim Sidoarjo yang mengikuti kegiatan pelatihan pembibitan datang dengan membawa biji buah yang mereka konsumsi. Aktivitas pelatihan pembibitan tanaman yang dilakukan kader Adiwiyata Pokja Pembibitan, Penanaman, dan Pemeliharaan Tanaman SD Al Muslim Sidoarjo bersama UPT Perbenihan Tanaman Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur merupakan aplikasi dari program kerja yang disusun bersama dalam kesepakatan kerja sama. Hal ini bertujuan mengedukasi masyarakat sekitar, membangun komunitas peduli lingkungan khususnya tanaman hutan.

Semua siswa senang saat berjumpa dengan segenap Tim UPT Perbenihan Tanaman Hutan yang dipimpin oleh Sapto Yuwono S.Hut., MM.

Dalam sambutannya, Bapak Sapto Yuwono S.Hut., MM., berpesan kepada semua yang hadir untuk turut aktif menjaga keseimbangan ekosistem. “Semua tanaman memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia. Begitu halnya dengan hutan. Hutan memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Oleh karena itu, mari kita jaga bersama kelestariannya,” Papar beliau dalam sambutan yang disampaikan.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak pukul 08.00 WIB ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Semua peserta merasa sangat antusias mengikuti serangkaian agenda pelatihan yang disampaikan oleh tim penyuluh UPT Perbenihan Tanaman Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur.

BACA JUGA :  BEM UAM Gelar P2MD dan Penyuluhan Limbah Tempe di Sedenganmijen

Selaras dengan Yunita Wulansari K, SP, M.IP., Penyuluh Kehutanan Ahli Madya UPT Perbenihan Tanaman Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Ardianto BUP, SP. MM selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan bahwa penting sejak dini anak-anak dikenalkan dengan tanaman hutan dan bagaimana cara membudidayakannya,” Terangnya.

Demikian dengan Fatimatuz Zahroh, S.Pd., M.Pd., menyampaikan bahwa anak-anak harus mengenal jenis tanaman hutan dan manfaat serta bagaimana menjaga kelestariannya sejak dini.

Kepala SD Al Muslim Sidoarjo ini juga berharap dengan dilakukan pelatihan pembibitan tanaman hutan, kader Adiwiyata Pokja Pembibitan, Penanaman dan Pemeliharaan Tanaman SD Al Muslim Sidoarjo dapat mengenali jenis tanaman hutan yang terdapat di lingkungan sekolah dan mengajak teman-teman serta warga sekolah lainnya untuk menjaga kelestariannya,” Ungkapnya.

Materi yang disampaikan oleh tim penyuluh meliputi persemaian oleh Avicenna Dwipa Permana, produksi bibit oleh Rinda Astuti, A.Md, yang dilanjutkan dengan penerapan cara pembibitan didampingi Raras Lelya Oktaviavianti, S. Hut, Rizky Tri Ananda, Anung Purwantoro, Jeramel, Padhang, dan Sugito.

Diakhir kegiatan pelatihan, masing-masing kader Adiwiyata yang mengikuti pelatihan pembibitan tanaman hutan memperoleh tugas untuk merawat biji yang telah ditanam bersama di lingkungan sekitar dan dipelihara sebaik mungkin, dan beberapa dari biji yang mereka bawa disemaikan di lokasi pelatihan.

(Zaim/red)