Arti Hari Buku Bagi KB-TK Al Muslim Sidoarjo

12

ZONATERKINI.COM — Apa yang kalian ingat pada bulan Mei? Peringatan Hari Buruh? Hari Pendidikan Nasional? Ya, benar juga. Tapi tahukah kalian bahwa pada bulan Mei juga diperingati sebagai hari Buku Nasional, yang jatuh pada 17 Mei.

KB-TK Al Muslim Sidoarjo memperingati hari Buku pada Rabu, 17 Mei 2023. Peringatan Hari Buku bertujuan untuk membangkitkan minat baca dan menulis siswa atau literasi yang saat ini sedang gencar-gencarnya dikampanyekan pada Kurikulum Merdeka. Dengan membaca kita dapat melawan kedangkalan pikiran dan menuntun siswa untuk berpikir kritis.

Siti Aminah, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini untuk mendukung Implementasi Kurikukum Merdeka, dimana KB-TK Al Muslim Sidoarjo memiliki program literasi yaitu Gerakan Abaku.

Dijelaskan Siti Aminah bahwa akronim dari Ayo Membacakan Buku dengan melibatkan orang tua, Gerakan Abaku kali ini diisi dengan kegiatan membuat karya dan infaq buku. Setiap siswa diimbau untuk membawa satu buah buku bekas yang masih layak baca untuk menambah koleksi pojok baca kelas,” Terangnya.

Kegiatan ini mengusung tema “Reading is Our Super Power”. Sebuah tema yang selaras dengan visi misi TK Al Muslim Sidoarjo, yaitu yang ingin menjadikan setiap siswa menjadi seorang pemimpin atau khalifah fiilard yang rahmatan lilalamiin. Juga menstimulasi kemampuan komunikasi (bahasa), percaya diri, dan keberanian siswa.

Mulai tanggal 8 – 15 Mei siswa membuat proyek karya buku, diawali berkunjung ke perpustakaan pusat Al Muslim Sidoarjo yang terletak di depan gedung SD Al Muslim Sidoarjo. Mereka memilih dan membaca buku sebagai bahan referensi, pada hari berikutnya mereka menentukan judul dan sampul buku dengan bimbingan guru kelas masing-masing.

Selanjutnya mereka membuat isi buku sesuai dengan imajinasinya masing-masing, ada yang menggunakan teknik 3M (menggunting, menempel, mewarna), menggambar, mewarnai, dan lain-lain. Siswa diberikan kebebasan memilih bahan untuk menulis dan finishing bukunya, ada yang menggunakan spidol warna, caryon, pensil, pita, tali tampar kecil, tali kor, bulu merci, dan lain-lain,” Imbuh Siti Aminah.

BACA JUGA :  Santri Al Fattah Sidoarjo, Santri Tangguh Berdakwah

Pada Selasa, 16 Mei 2023 KB-TK Al Muslim Sidoarjo menghadirkan Perpustakaan Keliling dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, lengkap dengan Kak Inge sebagai pendongengnya. Para siswa KB-TK Al Muslim Sidoarjo antusias menyimak dongeng tentang “Gajah dan Semut” dan sesekali diajak menyanyi diiringi gitar oleh kak Inge. Siswa antusias juga pada membaca buku yang diambil dari mobil buku,” Ungkapnya.

Orang tua siswa juga hadir di sekolah pada puncak peringatan Hari Buku Nasional (17 Mei 2023) yaitu “Pameran dan Presentasi Hasil Karya Buku Siswa”. Setiap siswa mempresentasikan hasil karya bukunya kepada orang tuanya masing-masing. Perwakilan kelas tampil di depan umum menggunakan baju karakter sesuai isi buku ditemani oleh orang tuanya. Siswa merasa bahagia dan orang tua merasa bangga terhadap potensi putra-putrinya.

Semoga budaya literasi, budaya membaca tertanam pada diri siswa KB-TK Al Muslim Sidoarjo sejak dini, sehingga mampu meningkatkan keberhasilan di sekolah maupun di kehidupan dalam bermasyarakat,” Tutup Siti Aminah.

Penulis : Siti Aminah, M.Pd., Pendidik di KB-TK Al Muslim Sidoarjo.