Pendampingan Sertifikasi Halal dan Digital Marketing UMKM Telur Asin KKN Kelompok 16 Umaha Sidoarjo

54

Istimewa

Zonaterkini.com _ Tim kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Ma’arif Hasyim Latif (UMAHA) Sidoarjo tahun 2023 salah satunya ditempatkan di Dusun Karang Nongko Desa Karangpuri Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Tim KKN tersebut yaitu Kelompok 16 KH Abdul Hamid dengan dosen pendamping lapangan Mukti Ali, S.Sos., M.PSDM yang memiliki program kerja mengoptimalisasi UMKM lokal Dusun Karang Nongko.

Warga Dusun Karang Nongko yang berpenduduk sekitar 1.502 jiwa mempunyai mata pencaharian sebagai petani, peternak, pedagang dan pekerja pabrik. Salah satu program kerja kelompok 16 KH Abdul Hamid adalah mengoptimalisasi prodak UMKM berupa peningkatan penjualan telur asin disalah salah satu media penjualan secara online.

Telur asin adalah istilah umum untuk masakan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan dan kebanyakan telur yang diasinkan adalah telur itik. Di pulau jawa sendiri telur asin biasanya diproduksi dari telur bebek yang memiliki ciri khas berupa cangkang telurnya berwarna kebiru-biruan.

Mitra KKN Kelompok 16 KH Abdul Hamid UMAHA Sidoarjo memiliki keunggulan produk telur asin karena telur bebek didapat dari bebek yang dimiliki mitra KKN kelompok 16,” Ujar Askar Sodik, Ketua Tim KKN 16, Rabu (23/8).

Langkah-langkah telur bebek diolah menjadi telur asin original sebagai berikut:
1. Telur dipanen

2. Telur direndam dengan air biar cepat untuk dibersihkan dari kotoran sekaligus penyortiran telur yang layak diproses

3. Telur dibersihkan

4. Pencampuran garam dan abu dengan air yang panas

5. Proses telur ditimbun dengan campuran garam dan abu selama 14 hari agar menjadi asin

6. Telur dibersihkan dari abu dan garam

7. Proses perebusan, Proses penyortiran antara telur yang bagus siap untuk dipasarkan dan telur yang retak ketika direbus

BACA JUGA :  SMK YPM 1 Sidoarjo Adakan Pemilihan Ketua Osis, Wadah Bersosialisasi dan Berorganisasi

8. Telur dipasarkan ke konsumen baik melalui tradisional dengan yang biasanya para pembeli datang kerumah mitra kami maupun dengan online.

Selain itu juga terdapat telur bebek diolah menjadi telur asin rasa bawang dan rasa pedas sebagai berikut:
1. Telur dipanen, direndam dengan air biar cepat untuk dibersihkan dari kotoran sekaligus penyortiran telur layak untuk diproses.

2. Telur diamplas dan dibersihkan, pencampuran garam bumbu-bumbu dengan air.

3. Proses telur direndam campuran garam dan bumbu-bumbu dengan air selama 14 hari agar menjadi asin.

4. Telur dibersihkan dari campuran bumbu dan garam, proses perebusan, penyortiran antara telur yang bagus untuk dipasarkan dan telur yang retak ketika direbus.

5. Telur dipasarkan ke konsumen baik melalui tradisional dengan yang biasanya para pembeli datang kerumah mitra kami maupun dengan online.

Mitra KKN Kelompok 16 KH Abdul Hamid memiliki Brand “Star Telur Asin” (original) yang dimiliki Ibu Siti Maskhoiriyani beralamat di Dusun Karang Nongko RT 05 RW 04 Desa Karangpuri memiliki Nomor Induk Berusaha 1605230057684 dikeluarkan pada Tanggal 16 Mei 2026.

Kelompok 16 KH Abdul Hamid bekerjasama dengan relawan PW ISNU Jawa Timur melakukan pengajuan sertifikasi halal kepada Kementrian Agama yang mana data-data untuk bisa diterbitkanya sertifikasi halal sudah diterima berkas tersebut dengan surat tanda terima dokumen permohonan sertifikasi halal oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementrian Agama RI dengan Nomor Pendaftaran : SH2023-1-708067,” Tutup Askar Sodik. (*Red)