Uji Emisi Akbar 2023, Cegah Polusi

1

ZONATERKINI.COM — Pemerintah DKI Jakarta bersama Korlantas Polri dan instansi terkait menggelar kegiatan uji emisi akbar dalam menyambut Hari Ulang Tahun Jakarta ke-496 yang diikuti oleh 2.600 kendaraan roda dua dan roda empat secara gratis.

Kegiatan ini juga akan tercatat dalam rekor muri sebagai pelaksanaan uji emisi terbanyak se-Indonesia.

Acara ini juga digelar serentak di sejumlah wilayah penyangga Jakarta, seperti di Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Depok, Kota Bogor dan Kabupaten Bogor.

Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen. Pol. Drs. Ery Nursatari, M.H., mengatakan perkembangan jumlah kendaraan bermotor harus menjadi perhatian dari semua pihak, karena menjadi salah satu penyumbang polusi udara terbesar dari hasil pembakaran fosil kendaraan bermotor, sejumlah kebijakan-kebijakan yang mengatur transportasi juga telah dibuat dan diterapkan untuk dapat mengurangi tingkat pencemaran udara yang disebabkan dari pembakaran bahan bakar fosil pada kendaraan bermotor.

“Dengan melakukan uji emisi maka masyarakat akan mendapatkan informasi yang sebenarnya, tentang kondisi di kendaraan dan efektifitas pembakaran dalam mesin kendaraan. Dapat dikatakan bahwa uji emisi kendaraan adalah suatu bentuk kontribusi masyarakat terhadap pengendalian pencemaran udara di Indonesia,” jelas Dirkamsel dilansir dari laman ntmcpolri, Senin (5/6/23).

Brigjen. Pol. Ery Nursatari menambahkan dengan besarnya jumlah kendaraan dan jumlah penduduk di Indonesia, maka sinergi antar instansi sangat diperlukan dalam kegiatan uji emisi ini.

“Mari kita gelorakan bahwa pencemaran udara merupakan tanggungjawab kita bersama, oleh karena itu kami dari Korlantas sangat mendukung, ini sebagai salah satu upaya untuk mengatasi pencemaran udara di Indonesia khususnya di Jakarta,” ungkap Dirkamsel.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto juga mengatakan bahwa kegiatan uji emisi akbar digelar ini gratis. Berharap kegiatan ini memberikan udara Jakarta yang bersih, baik dan sehat untuk warganya di hari Ulang Tahun Jakarta ke-496 tahun.

BACA JUGA :  KemenPPPA Memberikan Paket Bantuan Kepada TPPO

(bg/pr/um)