Rafi Pratama Putra, Sosok Pelatih Paskibraka SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo Tonjolkan Kedisiplinan

8

Zonaterkini.com _ Rafi Pratama Putra, pelatih paskibra SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo, Jawa Timur menggunakan kedisiplinan. Melalui Paskibra, dapat membentuk karakter siswa bisa lebih disiplin.

Pelatih paskibra SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo, Rafi Pratama Putra mengatakan, ekskul paskibra baik untuk pembentukan mental dan jiwa kepemimpinan siswa. Kegiatan yang dilakukan saat kegiatan paskibra merupakan cara melatih kedisiplinan siswa yang cukup efektif.

“Satu hal yang kita tekankan dalam setiap sesi latihan, ada ketepatan waktu. Siswa diminta untuk selalu on time ketika datang berlatih. Mengenai teknik bisa menyusul, yang penting harus tepat waktu,” Terangnya, Sabtu (18/2/2023).

Dalam sesi latihan rutin, biasanya diisi dengan kegiatan baris berbaris. Kegiatan itu harus dilakukan siswa dengan benar menurut aba-aba. Dari hal tersebut saja sudah terlihat bagaimana paskibra efektif untuk melatih kedisiplinan siswa.

Selain itu, dalam ekskul paskibra juga biasanya ada diklat. Diklat Paskibra ini merupakan salah satu cara melatih kedisiplinan siswa yang mungkin jarang didapatkan melalui kegiatan lainnya. Selama diklat tentunya para siswa harus mengikuti semua kegiatan yang sudah direncanakan sesuai jadwal. (an)

BACA JUGA :  Santri Al Fattah Sidoarjo, Santri Tangguh Berdakwah