Meriahnya YPM Carnival 1 Muharram 1446 Hijriyah, Kampanyekan Penggunaan Sampah Plastik

196

Foto: Istimewa

ZONATERKINI.COM __ Data yang disampaikan Making Ocean Plastic Free, menunjukkan bahwa rata-rata setiap tahunnya terdapat 182,7 Miliar kantong plastik yang digunakan di Indonesia. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara penyumbang sampah plastik terbesar kedua setelah China. Sampah plastik juga penyebab utama pencemaran sungai di Indonesia selain limbah pabrik.

Berdasarkan penelitian Raffaele Marfela ditemukan senyawa microplastik jenis polyethylene pada sumbatan pembuluh darah karotis yang menyebabkan penyakit stroke.

Berdasarkan hal tersebut dan tanggung jawab seorang khalifah di bumi, keluarga besar Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma’arif (YPM) Sidoarjo, Jawa Timur dalam peringatan 1 Muharram 1446 Hijriyah ini mengadakan Pawai Carnival dengan tujuan menumbuhkan kreatifitas siswa maupun guru melalui daur ulang sampah plastik sekaligus mengkampanyekan pengurangan penggunaan plastik sekali pakai.

Pawai YPM Carnival 1 Muharram ini mengambil tema “Good Culture For A Better Life” (Budaya Baik untuk Kehidupan yang Lebih Baik) dengan tujuan terimplementasinya budaya baik dalam kegiatan ini.

Ketua YPM Sidoarjo, Ahmad Makki menyatakan bahwa manfaat dari kegiatan ini untuk menumbuhkan rasa gembira dan senang atas datangnya Tahun Baru 1446 Hijriyah. Selain itu kegiatan ini merupakan bentuk perwujudan keseriusan dan komitmen warga YPM Sidoarjo untuk mengajak masyarakat sekitar menjaga lingkungan melalui pengurangan penggunaan plastik sekali pakai,” Pungkasnya, Minggu (7/7).

Sementara, Ketua kegiatan YPM Carnival, Agus Setiawan menambahkan bahwa pada kegiatan YPM Carnival 1 Muharram 1446 Hijriyah tahun ini mengangkat maskot bernama “Toma Brantara” (Tokoh Pemuda Kali Brantas) yang merupakan bentuk animasi dari microplastik jenis pellet yang menjadi bahan dasar daur ulang plastik. Maskot yang telah didaftarkan pada hak atas kekayaan intelektual (HAKI) tersebut memberikan makna tujuan untuk menjaga lingkungan melalui daur ulang sampah plastii serta pengurangan penggunaan plastik sekali pakai,” Ungkapnya.

BACA JUGA :  Komunitas Guru Belajar Nusantara Sidoarjo Adakan Temu Pendidik

Diketahui, Pada Minggu, 7 Juli 2024, terlihat ratusan ribu masyarakat memadati pinggiran jalan dari arah Ruko Town House Sepanjang, Taman, Sidoarjo sampai Kampus UMAHA untuk menyaksikan pagelaran pawai Carnival YPM tersebut. Acara berlangsung meriah melalui lantunan musik patrol menggema serta penampilan kostum carnaval yang menarik dan atraktif disertai model-model peraga kustom cantik dan eksotis.

Pawai carnival ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh YPM Sidoarjo pada setiap tanggal 1 Muharram.

Pawai tersebut diikuti oleh tujuh lembaga pendidikan dibawah naungan Yayasan Pendidikan dan Sosial Maarif (YPM) Sidoarjo, meliputi SD Ma’arif YPM, SMP YPM 1 Taman, SMA Wachid Hasyim 2 Taman, SMK YPM 1 Taman, SMK YPM 2 Taman, SMK YPM 3 Taman dan Universitas Ma’arif Hasyim Latif (UMAHA). Total peserta yang mengikuti pawai carnival tersebut adalah 5.100 peserta dari guru, dosen, siswa dan mahasiswa.

Pawai YPM Carnival tersebut menampilkan perlombaan meliputi Mobil Hias, Lomba Patrol, Maskot Carnival Sewa, Maskot Carnival Kreasi, Barisan Kostum Sewa, Barisan Kostum Kreasi serta Kostum Guru Kreasi dan Sewa. (Red)