Polisi Tangkap Terduga Pemberi Bantuan Dana Kepada KKB

4

Istimewa.

ZONA TERKINI — Kepolisian menangkap sejumlah kepala kampung di Papua yang diduga memberikan bantuan dana kepada KKB. Kapolda Papua, Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., M.H., menjelaskan bahwa para kepala kampung tersebut ditangkap untuk diperiksa mengenai bantuan dana kepada KKB.

“Sudah ada beberapa kepala kampung yang saat ini menjalani proses pemeriksaan terkait dana kampung yang disalurkan ke KKB sehingga digunakan untuk membiayai operasional kelompok tersebut,” jelas Kapolda Papua dilansir dari Antara, Sabtu (17/6/23).

Para kepala kampung itu juga saat ini ditahan agar pemeriksaan bisa lebih optimal dilakukan. Jika mereka diduga terlibat dalam penyaluran dana kampung ke KKB, maka akan ditindak tegas lewat proses hukum.

Kapolda juga mengungkapkan bahwa selain di Kabupaten Nduga, ada pula di beberapa wilayah yang menjadi perhatian kepolisian. Para kapolres diminta untuk mendalami dan memproses hukum bila ada indikasi penyaluran dana kampung kepada KKB.

Jenderal Bintang Dua itu mengungkapkan bahwa dana kampung seharusnya diberikan untuk mempercepat proses pembangunan. Apabila dipakai untuk membantu KKB, maka akan dikenakan proses hukum bagi yang terlibat.

“Bukan sebaliknya dana tersebut diberikan kepada KKB yang sering membuat resah masyarakat di sekitarnya. Bila terindikasi maka kepala kampung akan diproses hukum,” tegas Kapolda.

(my/hn/um)

BACA JUGA :  Puncak 1 Abad NU Dimanfaatkan Siswa SMK YPM 1 Sidoarjo, Tanamkan Jiwa Peduli Lingkungan