Pemerintah Pusat Kirimkan Bantuan Ke Myanmar

4

Foto: Istimewa.

ZONA TERKINI — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah akan segera mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Myanmar.

“Pemerintah akan mengirimkan bantuan kemanusiaan terkait bencana alam yang melanda Myanmar pada Mei lalu,” ujar Menko PMK Muhadjir, Rabu (14/6/23).

Menko Muhadjir mengatakan fokus bantuan yang akan diberikan berkaitan dengan proses penanganan bencana dari transisi darurat menuju pemulihan.

Bantuan yang akan diberikan, yakni dalam bentuk bantuan rekonstruksi, pangan dan gizi, serta kesehatan esensial, termasuk air bersih, sanitasi, dan respons cepat terhadap penyakit menular.

“Bantuan ini diberikan dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi mengenai rencana pemberian bantuan kepada Myanmar,” jelas Menko PMK Muhadjir.

Bantuan akan dikirimkan ke Myanmar pada 26 Juni 2023, dalam bentuk barang dengan nilai sekitar Rp7 miliar. Menurut Menko PMK Muhadjir, posisi Indonesia dalam mengirimkan bantuan sangat strategis mengingat Indonesia juga merupakan anggota ASEAN.

“Apalagi, Indonesia saat ini juga merupakan Ketua ASEAN, maka posisi Indonesia sangat strategis dalam pemberian bantuan ini,” tutur Menko PMK Muhadjir.

Sebelumnya, wilayah Negara Bagian Rakhine, Myanmar dilanda bencana Siklon Mocha pada 14 Mei 2023 yang berdampak pada 5,4 juta jiwa penduduk setempat.

Bencana alam tersebut menewaskan lebih dari 400 jiwa dan menarik perhatian Internasional, termasuk Indonesia.

(ndt/hn/um)

BACA JUGA :  Kegiatan Tablig Ramadan di Ponpes Al Fattah Sidoarjo