Islamic Festival Ramadan di Pesantren DAFI Sidoarjo, Memperebutkan Juara MHQ

9

Finalis Islamic Festival Ramadan DAFI, Memperebutkan Gelar Juara MHQ

ZONATERKINI.COM — Kegiatan Islamic Festival Ramadan (IFTAR) di Pesantren DAFI, Anggaswangi, Sukodono, Sidoarjo, Jawa Timur memperoleh sorotan sebagai ajang kompetisi Islami yang menggelora. Dalam kegiatan bertajuk IFTAR at DAFI tersebut, kompetisi dimulai secara daring dan ditutup secara luring untuk babak final di lokasi pesantren.

Kompetisi ini melibatkan 169 peserta yang merupakan siswa se- Jawa Timur dengan jenjang setara SMP/MTS, terbagi dalam 5 cabang lomba, yaitu Kaligrafi, Olimpiade PAI, Dai, MHQ, dan MTQ.

“Kegiatan ini bukan hanya sekadar perlombaan, tetapi juga sebagai upaya memberikan ruang dan kesempatan bagi generasi penerus bangsa untuk memiliki semangat berkompetisi yang tinggi,” ungkap Waka Kesiswaan MA Dafi Fiantinalah, S.Pd., Minggu (24/3).

Acara penutupan dan puncak IFTAR dihadiri oleh tokoh-tokoh penting. Termasuk Dr. Abdul Wahid Abdullah selaku Kasi Pendidikan Al Qur’an dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, serta K.H. Syaiful Arifin, SS., M.Pd selaku Sekretaris Dewan Pengasuh Pesantren, dan para pimpinan lembaga pesantren yang tentunya diramaikan juga oleh finalis yang berasal dari berbagai kota di Jawa Timur.

K.H. Syaiful Arifin, SS., M.Pd, selaku Sekretaris Dewan Pengasuh DAFI Pesantren Al Qur’an Science, IFTAR mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk semakin meningkatkan kualitas dan kompetensi generasi muslim dalam berbagai cabang lomba.

“Harapan kami, tahun depan partisipasi peserta lebih luas dan dapat mencapai tingkat nasional,” tambahnya.

Dengan demikian, IFTAR di Pesantren DAFI bukan hanya menjadi event tahunan yang ditunggu-tunggu. Tetapi juga menjadi momentum penting untuk memupuk semangat kompetisi Islami di kalangan generasi muda serta mengasah keterampilan manajemen kegiatan yang akan menjadi bekal penting bagi mereka di masa depan. (Red)

BACA JUGA :  Mahasiswa Teknik Industri UMAHA Sidoarjo Mengikuti International Conference