DAFI Pesantren Al Qur’an Science Sidoarjo, Cetak Santri Pemimpin Berkompetensi Global

52

Zonaterkini.com _ DAFI Pesantren Al Qur’an Science mengadakan kegiatan Global Leadership Program (GLP) dengan tujuan menyiapkan calon pemimpin yang berkompetensi global.

Dalam kegiatan tersebut, ada 86 santri kelas 11 didampingi tiga guru dan wali kelas, berkunjung ke KBRI Kuala Lumpur Malaysia, Universitas kebangsaan Malaysia dan National Library, selama 3 tiga hari pada tanggal 7 – 10 Febuari 2023.

Degan tema The 5th Generation’s Heuristic Journey to be Global Leaders.

Ustadzah Yuni Yulianti, M TESOL sebagai guru pengajar dan pendamping Global Leadership Program mengatakan, ada empat tujuan berkunjung kedutaan KBRI. Yaitu untuk memberikan pembekalan mengenai pentingnya hubungan internasional bagi para santri calon pemimpin dunia,” Ujarnya, Rabu (8/2/2023).

Dia melanjutkan, ada lima visi dalam kunjungan keluar negeri yaitu menumbuhkan jiwa leadership handal juga memperluas wawasan global para santri untuk jadi pemimpin dan memberikan pengalaman nyata di dunia internasional. Hal ini dapat terwujud sejak pembuatan paspor yang dilakukan sendiri oleh santri, juga memberikan keleluasaan santri dalam membuat itenerary, dan mengatur transportasi serta kebutuhan konsumsi mereka sendiri selama di Malaysia.

Membawa mereka para santri DAFI Sidoarjo untuk beraudiensi dengan pihak KBRI dan lembaga resmi seperti National Library of Malaysia, hingga konferensi kepemimpinan di Universiti Kebangsaan Malaysia. Sekaligus mengenalkan salah satu universitas berskala internasional kepada para santri,” Katanya.

Selain itu, tujuan Global Leadership Program Program ini, sejalan dengan salah satu misi DAFI pesantren Al-Qur’an Science Sidoarjo, yaitu menyiapkan para calon pemimpin yang berkompetensi global,” Tambahnya.

Dalam kegiatan Global Leadership Program ini dilakukan setiap tahun sejak angkatan pertama. Namun 2 tahun kemarin saat pandemi Covid-19, GLP ini dilakukan secara daring, namun kegiatan tetap bermakna.

BACA JUGA :  Guyub dan Rukun, Warga RT 05 Dusun Gempol Sampurno Porong Adakan Kerja Bakti Bersama

Harapan kedepan, semoga dengan kegiatan ini, motivasi para santri semakin bertambah untuk menggapai cita-cita mereka. Melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, baik di dalam maupun luar negeri, serta kelak mereka benar-benar menjadi pemimpin berkualitas yang memiliki segudang pengalaman,” tambahnya.

Harapannya untuk Global Leadership Progran tahun berikutnya, semoga bisa diadakan di negara – negara lain seperti Singapura, Timur Tengah, hingga Australia,” Terangnya.

Bidang Pendidikan KBRI Kuala Lumpur, Prof. Dr. Muhamad Firdaus, S.P., M.Si memberikan support untuk terus melanjutkan kegiatan ini, karena kegiatan ini sangat berguna bagi para generasi muda Indonesia. (An)