SMP IT Insan Kamil Sidoarjo Adakan Kemah Ukhuwah

42

Foto: Dok

ZONATERKINI.COM — SMP IT Insan Kamil Sidoarjo, Jawa Timur melaksanakan kegiatan Kemah Ukhuwah (Kemukh) di Bumi Perkemahan Tanjekwagir, Kecamatan Krembung, Sidoarjo, Senin (7/2).

Kemah Ukhuwah merupakan puncak dari kegiatan pramuka yang setiap pekan dilaksanakan di sekolah. Para siswa selama 3 hari merasakan hidup jauh dari aktivitas yang sering dilakukannya ketika di rumah. Mereka mendirikan tenda bersama kelompoknya, memasak makanan bersama, makan bersama, tidur bersama, dan masih banyak kegiatan yang mereka lakukan secara bersama-sama.

Kemah Ukhuwah ini bertujuan untuk membangun karakter kemandirian, tangguh, dan solidaritas sosial.

Fathur Rohman, Kepala SMP IT Insan Kamil Sidoarjo mengatakan Kemah Ukhuwah memang dirancang sebagai sarana menjalin hubungan kerjasama antar siswa. Kelompoknya pun dibuat secara acak dari kelas 7, 8, dan 9. Dimana agar mereka saling mengenal dan berinteraksi walaupun beda jenjang,” Ujarnya.

Kelas 9 sebagai jenjang tertinggi bisa menjadi pemimpin dan memberikan keteladanan kepada adik – adiknya,” Tambahnya.

Kegiatan Kemah Ukhuwah tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kemah Ukhuwah tahun ini tidak diisi hanya dengan lomba-lomba saja, tetapi juga didesain mengundang Gues Teacher yang mengajarkan berbagai materi. Misalnya Basic Live Skill (BLS) yang di dalamnya diajarkan cara menolong orang jika terjadi serangan jantung dengan sistem RJP atau pijat jantung.

Selain itu, terdapat materi tentang cara Survival di hutan jika tidak memiliki korek api. Acara api unggun juga salah satu kegiatan yang dilakukan sebagai bagian dari sebuah refleksi mengambil hikmah kegiatan yang sudah dilakukan serta dikaitkan dengan Dasa Dharma Pramuka dan Tri Satya.

“Materinya sangat bagus dan bermanfaat, saya juga senang mengikuti Kemah Ukhuwah tahun ini, memang terasa berbeda,” Ungkap Azzam, salah satu peserta Kemah Ukhuwah.

BACA JUGA :  SMK Krian 2 Sidoarjo Borong Juara Lomba LKS, Berikut Daftarnya

Ia pun takjub dengan pembukaan Kemah Ukhuwah, karena ada tampilan-tampilan, seperti Speinka Boys yang mengajak untuk bernasyid. Kemudian parade baris-berbaris, Dance Semaphore, dan yang sangat seru yaitu karnaval baju adat.

Salah satu yang menantang yaitu jurit malam, dimana peserta diminta berjalan bersama kelompok di sebuah rute yang tidak ada penerangan, kecuali senter yang dimilikinya. Peserta juga berlomba teknik kepramukaan (Tekpram) seperti Pioneering, sandi, Kemampuan Indera Manusia (KIM) yang dipadukan dengan penjelajahan.

Tak hanya itu, guyuran hujan deras setiap malam menantang mereka untuk bisa bertahan. Hal itu yang menjadikan siswa-siswi tangguh menghadapi seluruh rintangan.

Hari terakhir, peserta Kemah Ukhuwah melakukan bersih-bersih di sekitar jalan, mushola, masjid, dan fasilitas umum yang ada di daerah bumi perkemahan yaitu sebagai perwujudan salah satu program kurikulum MYP. Kegiatan sosial juga dilakukan yang bekerjasama dengan Laz Tamasa, melalui kegiatan membagikan sembako kepada para warga kurang mampu yang ada di sana.

“Alhamdulillah semua kegiatan Kemah Ukhuwah berjalan lancar, harapan kami tidak hanya sampai di sini keukhuwahan mereka tetapi sampai nanti, walupun lulus harus tetap dijaga utuh jalinan persahabatan,” Ungkap Kak Syamsul, sebagai Ketua Gudep Pangkalan SMP IT Insan Kamil Sidoarjo.

Selain itu, Tekpram harus terus diasah supaya semakin terlatih dan bermanfaat,” Tambahnya. (Red)