Pencegahan Global Warning dan Pemenuhan Ketahanan Pangan, Berikut Peran Pemdes Gelam di Sidoarjo

9

Foto: Istimewa

ZONATERKINI.COM  __  Global warning adalah peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi yang terjadi karena peningkatan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer. Gas rumah kaca seperti karbon dioksida (CO), metana (CH), dan Nitrous Oksida (N2O), memerangkap panas yang dipancarkan dari permukaan bumi, sehingga menyebabkan efek rumah kaca yang membuat bumi semakin panas. Aktivitas manusia, seperti pembakaran bahan bakar fosil, deforestasi, dan pertanian intensif, berkontribusi besar terhadap peningkatan gas-gas ini di atmosfer.

Global warning tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik seseorang, tetapi berdampak pula pada kesehatan mental.

Berikut ini gangguan kesehatan yang disebabkan oleh pemanasan global:

1. Penyakit Pernapasan

Polusi udara, dan gas berbahaya lain terperangkap di dalam bumi. Hal ini bisa membuatnya mudah terhirup oleh manusia dan meningkatkan resiko terjadinya penyakit pernapasan, seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dan asma, juga dapat merusak fungsi serta menghambat pertumbuhan paru-paru anak.

2. Penyakit Menular

Pemanasan global menyebabkan suhu udara naik dan curah hujan meningkat, hal ini berkaitan dengan meningkatnya jumlah populasi serta perluasan hewan pembawa penyakit terutama di daerah tropis . Salah satu hewan pembawa penyakit yaitu nyamuk malaria.

3. Gangguan Mental

Pemanasan global bisa menyebabkan cuaca ekstrim yang mengakibatkan terjadinya bencana alam, badai banjir, kekeringan dan gelombang panas. Menghadapi bencana yang berkaitan dengan iklim dan cuaca bisa menyebabkan stress, gangguan kecemasan, depresi, gangguan stress pasca trauma bahkan percobaan bunuh diri.

4. Heat Stroke

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemanasan global bisa menyebabkan gelombang panas, yaitu kondisi dimana cuaca menjadi sangat panas dengan suhu 40C.

Dalam hal ini, peran Pemerintah Desa (Pemdes) Gelam, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur dalam memotivasi masyarakat untuk pencegahan global warning. Beberapa langkah yang dilakukan oleh Pemdes Gelam dalam pencegahan Global warning sebagai berikut :

BACA JUGA :  Puncak Penanaman Mangrove Nasional di Sulbar

1. Mendorong kegiatan sosialisasi dan edukatif

** Memberikan sosialisasi dan edukasi keluarga dan komunitas tentang manfaat menanam pohon atau sayuran di lahan pekarangan atau dalam pot dan dampaknya terhadap lingkungan.

** Memberi pemahaman kepada masyarakat untuk membatasi produksi limbah dengan menggungkan air secukupnya saat mandi atau mencuci.

** Memberi pemahaman kepada masyarakat untuk tidak membakar sampah rumah tangga atau sampah organik.

** Memberikan edukasi daur ulang terhadap sampah kertas, plastik yang dapat diolah dan digunakan kembali.

** Membantu mencarikan pasar bagi UMKM yang memproduksi daur ulang.

** Membuat ruang terbuka hijau desa serta taman ditepi jalan.

Dengan mengadopsi langkah-langkah diatas kita bisa berkontribusi terhadap pengurangan pemanasan global sekaligus meningkatkan ketahanan pangan.

Penulis : Isnanik, Fakultas Administrasi Publik UMAHA Sidoarjo, Jawa Timur.