SMP Al Muslim Sidoarjo Kunjungi YKAKI Surabaya, Adakan Social Journey

14

Istimewa

Zonaterkini.com _ Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, karena hidup berdampingan dan saling membutuhkan satu sama lain. Dalam mengimplementasikan nilai-nilai sosial dan kemanusiaan, sebanyak 14 siswa kelas 7 didampingi dua guru dari SMP Al Muslim Sidoarjo mengadakan kegiatan “Social Journey” ke Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Surabaya, Jumat (10/11).

Rombongan memulai perjalanan pada pukul 08.45 WIB, sesaat setelah mengikuti upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional di sekolah. Setibanya di lokasi tujuan, rombongan siswa dan guru SMP Al Muslim Sidoarjo disambut baik pihak YKAKI Surabaya. Tak hanya itu, seluruh siswa dan guru dipersilakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki ruangan agar tetap dalam kondisi yang bersih dan steril.

Kegiatan tersebut dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara, yakni Ananda Zahra (VII Abdurrahman bin Auf) dan Ananda Fafa (VII Umar bin Khattab). Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tilawah dan sari tilawah, serta sambutan dari Ustadzah Maslahah selaku penanggung jawab kegiatan dan Vita Mahaswari selaku Kepala Cabang YKAKI.

Dalam sambutannya, Ustadzah Maslahah menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan Social Journey ke YKAKI Surabaya.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, anak-anak SMP Al Muslim Sidoarjo akan meningkatkan rasa syukurnya dengan melakukan hal-hal yang positif. Seperti meningkatkan ibadah kepada Allah SWT, rasa berbakti pada orang tua, dan menumbuhkan kepekaan sosial kepada sesama,” Ucap Ustadzah Maslahah.

Hal serupa disampaikan Vita Mahaswari bahwa bertepatan dengan Hari Pahlawan, semoga kunjungannya menjadikan kalian pahlawan bagi teman-teman pejuang kanker dan tumor agar mereka kembali bersemangat untuk sembuh. Dengan berbagi, kita juga dapat meningkatkan rasa syukur kita atas apa yang sudah Tuhan kehendaki dalam hidup kita,” Ungkapnya.

BACA JUGA :  SD Al Muslim Kenalkan Pentingnya Konservasi Hutan

Acara selanjutnya yakni games dan kegiatan mewarnai bersama dengan pasien YKAKI Surabaya. Dalam kegiatan ini, siswa-siswi SMP Al Muslim Sidoarjo secara bergantian mengobrol dan mengajak pasien YKAKI Surabaya untuk mewarnai bersama. Keceriaan dan kebahagiaan terpancarkan dari wajah mereka. Bahkan, ada siswa yang menangis terharu mendengar kisah perjuangan mereka dalam melawan penyakit yang diderita.
Melihat kebersamaan siswa-siswi SMP Al Muslim Sidoarjo dengan para pasien, Indah selaku guru pengajar YKAKI Surabaya mengatakan bahwa kegiatan ini selain untuk menjaga silaturahmi, tetapi juga sebagai bentuk kepekaan dan kepedulian sosial siswa-siswi.

“Alhamdulillah Al Muslim Sidoarjo sangat giat sekali berkunjung dan mengadakan kegiatan dengan YKAKI Surabaya. Mulai dari SD, SMP, SMA, semuanya pernah berhubungan langsung dengan kami. Anak-anak juga terlihat senang, belajar untuk peduli kepada sesamanya,” Ucap Indah.

Sementara, Vita Maheswari mengucapkan terima kasih untuk hati yang mau berbagi dan waktu yang telah diluangkan dalam berbagi kasih dan semangat kepada kami,” Ujarnya.

Kegiatan ini kemudian diakhiri dengan doa, penutup, pembagian bingkisan, serta foto bersama.

(Azra Sasabilla/red)