Siswa SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo Raih Juara LKS

4

ZONATERKINI.COM — Lomba Kompetensi Siswa (LKS) 2023 tingkat Provinsi Jawa Timur telah digelar di Kabupaten Jember pada tanggal 23 – 26 Mei 2023.

Dimana, salah satu pesertanya dari siswa SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo bernama Fajar Rahmatullah, kelas 12 berhasil meraih prestasi juara lll dalam bidang Nautica.

Kejuaran lomba Kompetensi Siswa SMK Ke XXXI tingkat Provinsi Jawa Timur tersebut, mengharumkan nama sekolah yang berlokasi di Kabupaten Sidoarjo.

Bayu Setyawan, Guru Pembimbing Jurusan Pelayaran SMK Mitra Sehat Sidoarjo mengatakan, prestasi fajar Rahmatullah luar biasa yang mengharumkan nama sekolah SMK Mitra Sehat mandiri Sidoarjo. Dia berhasil meraih juara 3 (LKS) tingkat Provisi Jawa Timur. Dimana mulai awal, fajar merupakan peraih juara 1 tingkat kabupaten yang mewakilkan provinsi dengan jurusan pelayaran Nautika Kapal Niaga,” urainya.

Menurut Bayu, dalam perlombaan itu dimulai suatu perjalan kapal titik A titik B sesuai dengan peta peserta perlombaan dengan kompetensi yang lain. Contoh waktu perlombaan mendeteksi kapal pada radar sesuai dengan GPS. Selain itu, keahlian yang lain yaitu membuat tangga pandu kurang lebih dari 3 jam terselesaikan.

Fajar sendiri juga sudah dibekali dari sekolah, dilatih dewan guru dalam bidang Nautika yaitu mengeplot posisi kapal dari ujung A sampai ujung B sesuai dengan jaraknya, serta kecakapan keseharian dikapal membuat keperluan diatas kapal Nautika.

Dalam lomba Kompetensi Siswa (LKS) kita ajarkan merancang tanggapan yang fungsinya untuk akses bagi panduan tersebut menurut alur pelayaran dari masuk pelabuan sampai ke Dermaga,” katanya.

“Alhamdulilah diberi juara 3 dari pihak juri sesuai dengan nilai terbaik yang menyisihkan berbagai instansi sekolah lain,” imbuhnya.

Kedepan semoga mampu bersaing di kalangan apapun maupun Nasional atau internasional,” katanya.

BACA JUGA :  Yayasan Pondok Pesantren Ath Thoyyibah Sidoarjo Adakan Buka Puasa Bersama

Fajar Rahmatullah kelas 12 SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo mengatakan, saat mengikuti lombah Kompetensi Siswa (LKS), saya belum pernah sama sekali mengikutinya tapi, tekat kami dalam lomba ini didukung dari dewan guru dan guru pembimbing yang sangat luar biasa.

“Pada lomba LKS tingkat sidoarjo saya meraih juara satu. Pada saat dikerem di Jember memang saya disiapkan dukungan penuh kepala sekolah SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo dan guru sangat luar,” katanya.

Memang benar kami disiapkan mulai dari latihan Jangga peta, teori teori pelayaran, materi tentang perkapalan juga perikanan, selain itu menyiapkan untuk lombah praktik membuat tangga, merajut tali, pada waktu lombah saya tidak ada halangan karena sudah saya persiapkan semaksimal mungkin.

Pada waktu lomba, materi materi yang selama ini saya pelajari banyak yang keluar jadi saya sudah siap menjawab. “Alhamdulilah dari beberapa lombah yang saya ikuti ditingkat provinsi Jawa Timur saya bisa mendapat juara 3 (LKS) Lomba Kompetensi Siswa,” katanya. (Red)