Serunya Festival Air di KB-TK Al Muslim Sidoarjo

10

Keceriaan siswa KB-TK Al Muslim Sidoarjo. 

ZONATERKINI.COM — Air merupakan salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan. Hampir semua kegiatan manusia memerlukan air. Untuk mengingatkan betapa pentingnya sumber air, maka setiap tanggal 22 Maret selalu diperingati sebagai Hari Air Sedunia.

Siti Aminah selaku Kepala KB-TK Al Mulsim Sidoarjo, Jawa Timur menyampaikan, dalam rangka memberikan pemahaman kepada siswa tentang manfaat dan bahaya air, sumber-sumber air, dan cara menghemat air, KB-TK Al Muslim Sidoarjo mengadakan rangkaian kegiatan. Salah satunya berupa pembelajaran menarik selama 2 Minggu untuk menguatkan profil lulusan KB-TK Al Muslim Sidoarjo. Seperti Personal excellence, Religious and Social, Living Healthy and Green, dan Critical and Creative Thinker,” Ungkapnya, Senin (20/3).

Siti Aminah menjelaskan bahwa melalui kegiatan menarik yang dikemas oleh para Ustadzah KB-TK Al Muslim Sidoarjo ini antara lain, bermain percobaan sains tentang penjernihan air dengan sederhana. Kemudian eksperimen pencampuran warna yang tertuang dalam kegiatan Finger Painting, permaianan gelembung, dan lain sebagainya. Selanjutnya ada pembangunan bendungan air untuk pembangkit listrik, dan gedung PDAM.

Di sentra balok, lanjut Siti Aminah, siswa menuliskan nama gedung yang dibangun, membuat aneka kreasi wadah air dari Loose Part. Lalu menuliskan nama wadah tersebut, misalnya gelas, botol, dan lain sebagainya. Kemudian bermain peran tentang hujan dan hemat air,” Urainya.

Nur Chasanah, salah satu guru KB-TK Al Muslim Sidoarjo mengungkapkan, tidak hanya itu saja, seluruh siswa KB-TK Al Muslim Sidoarjo juga melakukan eksperimen yang sangat menyenangkan, yaitu percobaan ‘Rainbaw Lava’. Disini anak aktif mengamati dan menyimpulkan hasil percobaan yang mereka lakukan,” Imbuhnya.

Pada puncak pembelajaran topik air, sekolah mengadakan kegiatan “Festival Air” sekaligus memperingati Hari Air Sedunia. Kegiatan ini diikuti 121 siswa dan guru. Adapun rangkaian kegiatannya antara lain, melewati terowongan sampai dengan membawa air, menuang air ke dalam botol, menangkap ikan, bermain bubble, membuat roket-roketan, bereksperimen melarutkan zat kedalam air, percobaan sederhana rainbow lawa, mencuci rak sandal, mencuci balance bike, mencuci little tikes car, dan berorasi untuk hemat hemat air.

BACA JUGA :  Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 2 Tulangan Melakukan Manasik Haji

Hal ini karena menjadi peringatan penting untuk menyadarkan masyarakat, terutama kepada sang pemimpin KB-TK Al Muslim Sidoarjo. Dimana betapa pentingnya menjaga ketersediaan air bersih bagi kelangsungan hidup semuanya.

Diharapkan, sikap menghemat air ini menjadi kebiasaan yang terus tertanam dalam keseharian siswa, bukan saja saat peringatan Hari Air Sedunia. “Mari mensyukuri air karunia Allah SWT yang wajib disyukuri dengan cara menghemat air dan menjaga kelestariannya,” Tambah Siti Aminah, M.Pd., Kepala KB-TK Al Muslim Sidoarjo, Jawa Timur. (An)