Kepala MINU KH Mukmin Sidoarjo, Anis Faridah: Tumbuhkan Cinta Literasi Sejak Dini

16

Zonaterkini.com _ Kecintaan terhadap literasi perlu dipupuk sejak dini. Salah satu caranya dengan menjadikan perpustakaan sebagai sarana belajar.

Kepala MINU KH Mukmin Sidoarjo, Jawa Timur, Anis Faridah mengatakan, di sekolahnya, setiap kelas ada kunjungan wajib ke perpustakaan. Ditambah lagi di setiap kelas juga ada pojok baca,” Ungkapnya, Selasa (21/2/2023).

Menurut Anis Faridah, literasi menjadi salah satu program yang diunggulkan di sekolah MINU KH Mukmin Sidoarjo. Pihaknya juga mendukung literasi dengan menyediakan perpustakaan digital, sehingga siswa bisa mengakses dari mana saja.

Selain itu, pihaknya juga memberikan reward kepada pengunjung perpustakaan yang paling aktif. Mengakses perpustaakan digital juga masuk ke dalam hitungan kunjungan.

“Ini untuk menumbuhkan kecintaan siswa MINU KH Mukmin Sidoarjo terhadap kegiatan membaca,” Terangnya.

Selain itu, untuk mengenalkan siswa lebih dekat kepada sumber pembelajaran, setiap satu semester sekolah kita mengajak siswa belajar di luar kelas. Disesuaikan dengan jenjang dan pelajaran yang sedang ditempuh siswa. Misalnya ke museum, kebun binatang, dan bahkan makan sunan,” Imbuhnya.

Menurut dia, hal itu bisa meningkatkan minat belajar siswa. Sehingga siswa bisa belajar tidak hanya teori tetapi juga praktek secara langsung. (An)

BACA JUGA :  Polisi RW di Polres Tasikmalaya Kota, Berikan Kenyamanan