5000 Peserta Ikuti Apel Besar HSN di YPM Sidoarjo

4

Foto: Istimewa

ZONATERKINI.COM __ Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma’arif (YPM) Sidoarjo, Jawa Timur telah sukses melaksanakan Apel Besar Hari Santri Nasional (HSN) 2024, pada 22 Oktober 2024.

Acara ini diikuti oleh 5.000 santri-santriwati dari berbagai lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma’arif. Mereka berkumpul untuk merayakan peran dan kontribusi santri dalam pembangunan bangsa.

Dengan mengusung tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan”, acara ini bertujuan untuk menginspirasi generasi muda agar terus berjuang dan berkontribusi positif bagi masyarakat. Salah satu highlight dari acara ini adalah penampilan Tari Saman yang melibatkan 1.200 santriwati serta penampilan drama kolosal yang menceritakan tentang para kyai dan santrinya untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang berhasil menciptakan suasana meriah dan mengesankan bagi seluruh peserta.

Dalam sambutannya, Ir. H. Ahmad Makki, MT., Ketua YPM Sidoarjo menekankan pentingnya nilai-nilai perjuangan yang dipegang oleh santri. “Hari Santri Nasional adalah momentum untuk mengingatkan kita semua akan peran penting santri dalam sejarah bangsa,” Ujarnya.

Melalui tema ini, kita diajak untuk terus melanjutkan perjuangan dalam merengkuh masa depan yang lebih baik. Dengan hari santri menjadi momen untuk evaluasi diri seberapa paham kita (Guru dan Siswa) pengorbanan atau kebaikan yang diberikan Hadratussyech Hasyim Asy’ari untuk kita.

“Sebab tanpa mengetahui kebaikannya, maka kita juga sulit mengetahui kebaikan Rosululloh Muhammad SAW pada kita umatnya. Maka terlepaslah ikatan kita dengan Rosululloh Muhammad SAW, padahal kita sangat ingin dikenal Rosululloh Muhammad SAW agar syafaatnya dapat kita dapatkan,” Ungkapnya.

Acara ini juga dilengkapi dengan sesi refleksi yang mengajak peserta untuk merenungkan kontribusi mereka dalam masyarakat dan tantangan yang harus dihadapi ke depan. Selain itu, penghargaan diberikan kepada santri berprestasi sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan kreativitas mereka.

BACA JUGA :  Kapolres Rembang AKBP Suryadi Terjunkan Personil Pengamanan Waisak

Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma’ arif Sidoarjo berharap, bahwa semangat yang ditunjukkan selama acara ini dapat terus menginspirasi seluruh santri untuk berinovasi, belajar, dan memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar,” Tutupnya. (Humas/red)