UKKI UMAHA Sidoarjo Adakan Festival Al Banjari se- Jatim

24

Foto: Istimewa

ZONATERKINI.COM __ Festival Al Banjari Tingkat Umum se- Jawa Timur diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) UMAHA Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (19/5). Kegiatan tersebut bertempat di halaman Universitas Ma’arif Hasym Latif (UMAHA) Sidoarjo.

Bertemakan tentang “Aktualisasi Seni Banjari Dalam Menjemput Syafaat Nabi” berlangsung meriah.

Kegiatan Festival Al Banjari ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari visi dan misi UMAHA Sidoarjo yaitu Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Selain itu Festival Al Banjari ini juga merupakan program kerja dari UKKI UMAHA Sidoarjo.

Festival Al Banjari ini sebagai media dakwah UMAHA Sidoarjo pada masyarakat luas dan memperkenalkan serta menjaga eksistensi UMAHA Sidoarjo di tengah masyarakat dalam usaha berperan aktif membentuk karakter pelajar yang berilmu, beramal, beriman dan bertaqwa.

Kegiatan ini sebagai media silaturahmi antar sesama umat dengan melihat konsep pemikiran dalam wawasan kebangsaan, dengan mempererat hubungan persaudaraan sesama masyarakat, tokoh agama, pecinta sholawat dan tokoh masyarakat lainnya.

Festival ini memberikan kesan yang kuat tentang kebersamaan dan persatuan. Mereka para peserta datang dari berbagai daerah di Jawa Timur yang berkumpul, berinteraksi, saling mendukung, dan menciptakan suasana yang harmonis penuh persahabatan.

Kegiatan festival ini sangat meriah dengan diikuti oleh 39 grup dengan sejumlah 390 peserta dan dihadiri oleh 3 juri, salah satu jurinya adalah M. Syarif Hidayatullah, M.Pd., salah satu dosen UMAHA Sidoarjo yang mengampuh mata kuliah aswaja.

Kesan yang sangat positif terlihat dari tingginya tingkat partisipasi dan antusiasme dari para peserta, penonton, dan komunitas lokal. Festival ini telah berhasil menggalang perhatian dan minat yang besar terhadap musik Al Banjari.

Pada ajang festival banjari umum ini terdapat juara I yang diraih oleh Grup Pepedeu yang berasal dari Jombang, Juara II diraih Grup Atlas Idaman dari Mojokerto, Juara III diraih Grup El ZamZami dari Sidoarjo.

BACA JUGA :  Santri DAFI Sidoarjo Turut Meramaikan 1 Abad Nahdlatul Ulama

Untuk kategori best jingle diraih Grup Roudloh Al Asif dari Sidoarjo, kategori best vokal diraih Grup Asy Syaikhona Pasuruan dan untuk kategori best terbang diraih Grup Akatsuki dari Mojokerto.

Hidayatullah, Sp.N., Rektor UMAHA Sidoarjo sangat terharu dan bangga dengan meriahnya acara festival banjari yang diselenggarakan oleh UKKI UMAHA Sidoarjo.

Ia berharap, kegiatan ini dapat terus ditingkatkan dan dilestarikan dalam menjaga warisan nilai budaya islami di masyarakat.

Sementara, Khoirul Ngibad, S.Si., M.Si., Wakil Rektor III Kemahasiswaan UMAHA Sidoarjo mengatakan selamat saya sampaikan kepada UKKI UMAHA Sidoarjo yang telah sukses menyelenggarakan Fesban Level Jatim tahun 2024. UKKI UMAHA Sidoarjo sangat solid dan bersatu padu dalam mensukseskan acara beserta persiapannya. Semoga menjadi pengalaman berorganisasi yang berharga untuk diterapkan di kemudian hari,” Ungkapnya, Selasa (28/5).

Selamat juga untuk peserta yang telah ditetapkan menjadi Juara Fesban yang diselenggarakan oleh UKKI UMAHA Sidoarjo. Semoga kedepannya semakin berprestasi,” Tambahnya.

Bagi peserta Fesban yang belum menempuh Perguruan Tinggi, lanjut Khoirul Ngibad bahwa UMAHA Sidoarjo menerima mahasiswa dari jalur berprestasi baik akademik maupun non akademik.

Wulan Purnamasari, S.E.,M.SM., Direktur Kemahasiswaan UMAHA Sidoarjo menyampaikan Festival Al Banjari se- Jawa Timur ini memberikan kesan yang mendalam akan kekayaan budaya musik tradisional Islami. Ini adalah momen yang membanggakan, melihat warisan budaya dapat dipertahankan dan dikembangkan oleh teman-teman UKKI UMAHA Sidoarjo. Semoga tahun depan Festival Banjari se- Jawa Timur ini dapat diperluas pesertanya hingga ke tingkat Nasional, serta dapat berkontribusi positif dalam aspek edukasi dan budaya di masyarakat,” Tutupnya. (Red zt)