Suci Mandayanti, Koordinator Pramuka SMP-SMA Al Fattah Sidoarjo

24

ZONATERKINI.COM — Kegiatan pramuka di kalangan remaja ternyata memiliki banyak dampak positif, di antaranya, para remaja mampu bergiat secara aktif dalam hal kebaikan. Mereka juga mampu mengolah kegiatan dengan baik, kreatif, dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

Koordinator Pramuka SMP-SMA Al Fattah Sidoarjo, Suci Mandayanti mengatakan, pramuka sendiri merupakan pendidikan karakter. Fungsi pramuka bagi remaja bisa dilihat dari kepanjangan dan pengertiannya, yakni Praja Muda Karana. Berarti, anak muda yang penuh dengan karya,” Ujarnya, Jumat (7/4).

Menurut Suci Mandayanti, pramuka juga sangat penting dalam membentuk karakter para remaja. Sebab pramuka memberikan pendidikan yang membentuk karakter disiplin, sopan, patuh pada aturan serta kreatif dan cakap dalam berpikir.

Suci Mandayanti menjelaskan, karakter-karekter tersebut sesuai dengan Dasa Dharma yang menjadi dasar pramuka. Dalam pramuka, proses pendidikannya dapat dilakukan di alam terbuka dengan kegiatan yang menyenangkan.

“Namun tetap terarah dan teratur untuk membentuk watak, akhlak dan budi pekerti luhur,” Imbuhnya.

Selain itu, sifat – sifat yang mampu ditumbuhkan juga sangat banyak. Di antaranya sifat pantang menyerah, gotong royong, kreativitas tinggi, jiwa kepemimpinan dan jiwa sosial yang bagus,” Tutupnya. (Red)

BACA JUGA :  Tingkatkan Ketaqwaan, Jamaah Pengajian Al Hidayah Desa Gelam, Sidoarjo Peringati Isra Mi'raj