SMK YPM 1 Sidoarjo Jalin Kerjasama Yayasan Save The Children Berpusat di Inggris

56

ZONATERKINI.COM — SMK YPM 1 Taman, Sidoarjo melakukan kerjasama dengan Yayasan Save The Children Indonesia untuk program persiapan pelatihan kesiapan kerja. Yayasan Save The Children sendiri berpusat di London, Inggris dan memiliki kantor perwakilan di Bandung, Jawa Barat.

Sejak 2018 – 2019 sebelum pandemi, SMK YPM 1 Taman, Sidoarjo telah bekerjasama dengan Yayasan Save The Children Indonesia dalam Program Soft Skill. Tahun 2022 – 2024, SMK YPM 1 Taman, Sidoarjo juga akan melanjutkan kerjasama dengan Save The Children Indonesia dalam Program Pelatihan Kesiapan Kerja.

Yudha Arizal mengatakan, program ini hanya dilaksanakan di dua Provinsi di Indonesia, yaitu Jawa Barat dan Jawa Timur. Hanya 29 sekolah SMA/SMK Negeri dan Swasta di Jawa Timur yang terpilih untuk mengikuti program tersebut.

“SMK YPM 1 Taman, Sidoarjo termasuk di antaranya. Siswa yang mengikuti program ini adalah kelas X dan XII,” Katanya, Rabu (12/4).

Dia menjelaskan, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menyiapkan siswa, terutama siswa kelas XII, agar mereka siap bekerja. Juga agar mendapatkan sertifikat serta portofolio yang dapat membantu mereka saat melamar pekerjaan di masa depan,” Tambahnya.

Materi pelatihan mencakup Pembelajaran Social Emotional Learning (SEL) dengan menggunakan metode Learning Management System (LMS) dengan pendekatan daring.

Untuk mendapatkan sertifikat, siswa harus menyelesaikan 9 modul dari total 15. Materi modul tersebut meliputi Keyakinan dalam Berusaha, Memahami Emosi, Percaya Diri, Menunda Kesenangan Sesaat, Memiliki Tujuan Hidup, Manajemen Stress, Perilaku dan Sikap Prososial, Tanggung Jawab, dan Team Work atau Kerjasama. (Red)

BACA JUGA :  Dari Kejuaraan Tingkat Provinsi Sampai Nasional SMK Mitra Sehat Mandiri Tak Berhenti Cetak Prestasi