Siswa -Siswi KB TK Al Muslim Bangga Menjadi Anak Sidoajo

13

Zonaterkini.com _ Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo diperingati setiap 31 Januari. Tahun ini, kabupaten berlogo udang dan bandeng bermotto “Bersih Hatinya” memasuki usia ke-164. Sejumlah agenda digelar untuk menyemarakkan Hari Jadi ke-164 Kabupaten Sidoarjo (Harjasda).

Siti Aminah, Kepala KB TK Allah Muslim Sidoarjo menyampaikan KB TK Al Muslim turut merayakan Harjasda selama 3 minggu. Hal ini sebagai wujud rasa bangga menjadi warga Sidoarjo,” Katanya, Selasa (31/1/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh 120 siswa dan guru, yang bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalis dan bangga akan produk asli Sidoarjo. Baik makanan khas, pakaian khas, budaya, dan destinasi wisata yang tentunya tidak kalah menarik dengan yang lainnya,” Tambahnya.

Rangkaian kegiatan diawali dengan mengenal berbagai budaya kearifan lokal yang ada di Sidoarjo, yaitu mengenal budaya seni tari, destinasi wisata, pakaian, dan makanan khas Sidoarjo. Salah satunya yaitu telur asin, dimana kelompok TK A melakukan praktek membuat telur asin menggunakan media batu bata, abu gosok, dan garam, dilaksanakan pada Rabu (18/1/2023).

Kelompok TK B, praktek membuat batik eco-print dengan teknik pounding, dilaksanakan pada Selasa (24/1/2023).

Tak hanya itu, seluruh siswa KB TK Al Muslim Sidoarjo juga melakukan latihan tarian khas Sidoarjo yaitu tari Bandeng Nener.

Puncak Harjasda pada, Selasa (31/1/2023) KB TK Al Muslim Sidoarjo menggelar kegiatan antara lain upacara bendera dengan memakai kostum Guk dan Yuk. Dilanjutkan menari secara kolosal yaitu tari “Bandeng Nener” di lapangan.

Keseruan selanjutnya, menulis dan mengungkapkan harapan terhadap kabupaten Sidoarjo antara lain, Sidoarjo tidak macet, Sidoarjo aman, Sidoarjo banyak mainan, dan sebagainya.

Selanjutnya, merasakan makanan khas Sidoarjo, diantaranya telur asin, bandeng presto, otak-otak bandeng, tahu petis, kupang, sate kerang, udang, kerupuk, dan kue lumpur lapindonya yang sangat legend.

BACA JUGA :  Bangun Masa Depan Digital, Mahasiswa KKN Umaha Sidoarjo Revitalisasi UMKM

Alra, siswa TK B menyampaikan, kerangnya enak dan gurih. “Otak-otak bandeng enak dan mantab,” kata Nawa siswa TK B, dan Izzah juga mengatakan “Kupangnya juga enak dan mantab”.

Seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan KB TK Al Muslim Sidoarjo berjalan lancar dan semoga berkesan bagi siswa, serta memberikan dampak yang diharapkan. Yaitu, siswa dapat menjadi duta kecil yang mampu melestarikan budaya dan destinasi wisata Sidoarjo secara luas.

Penulis : Salucha, Guru TK Al Muslim Sidoarjo