Selamat, Ormawa UKKI Umaha Sidoarjo Lolos Pendanaan PPK

15

Foto: Istimewa

ZONATERKINI.COM __ Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi pada tanggal 21 Mei 2024. Mengumumkan hasil seleksi akhir dengan nomor 3508/E2/DT.01.01/2024, perihal penerima bantuan PPK Ormawa 2024.

Dari total sebanyak 622 sub proposal dari 158 Perguruan Tinggi yang berhasil lolos menjadi penerima bantuan, salah satunya adalah 1 tim dari Universitas Ma’arif Hasyim Latif (UMAHA) Sidoarjo, Jawa Timur. Ia adalah dari Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) dengan Judul Gender Education, berupa peran sekolah perempuan dalam upaya mewujudkan perempuan berkarakter DITA (Dedikatif, Inovatif, Terampil dan Aktif) di Desa Tempel. Adapun dosen pendamping Muhammad Syarif Hidayatulloh, M.Pd.I., Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa).

Program penguatan kapasitas Ormawa melalui serangkaian proses pembinaan Ormawa oleh Perguruan Tinggi yang diimplementasikan melalui program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

Pada program ini, Perguruan Tinggi berkesempatan untuk dapat meningkatkan kualitas Ormawa dan sekaligus menumbuhkembangkan soft skills dan kompetensi mahasiswa seperti kemampuan berorganisasi, penguatan karakter Pancasila, bela negara, cinta tanah air, dan kebangsaan, kepemimpinan, serta mampu bekerja sama (teamwork).

PPK Ormawa merupakan salah satu implementasi dari kebijakan Kemendikbudristek, sebab mahasiswa dapat berlatih menjadi pemimpin transformasional dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat.

Proses seleksi proposal di UMAHA Sidoarjo diawali dengan adanya penilaian dan seleksi oleh reviewer internal kampus dengan masing-masing dari ke-16 topik. Kemudian ditransformasikan menjadi beberapa program yang inovatif dan kreatif oleh ormawa.

Selanjutnya, dari total 5 sub proposal yang diajukan, terpilih 1 sub proposal yang lolos dalam seleksi administrasi dan berhak mengikuti tahap wawancara dengan para reviewer. Hingga pada akhirnya, proposal tersebut diajukan mulai dari tahapan seleksi proposal sampai proses interview dengan para reviewer eksternal dan dinyataan lolos memperoleh pendanaan.

BACA JUGA :  Mensos Tri Rismaharini: TPPO Karena Faktor Kemiskinan

Khoirul Ngibad, S.Si, M.Si selaku Wakil Rektor III Kemahasiswaan UMAHA Sidoarjo mengucapkan selamat kepada Tim Ormawa UKKI UMAHA Sidoarjo. Terima kasih atas perjuangannya, pengorbanan waktunya yang sudah didedikasikan untuk UMAHA Sidoarjo, sampai bisa lolos pendanaan PPK Ormawa di tahun 2024 ini,” Ujarnya, Sabtu (25/5).

Semoga bisa menjadi pemicu semangat untuk Ormawa lainnya agar turut berprestasi di tahun selanjutnya.

“Ini adalah wujud konkrit bahwa para jawara UMAHA Sidoarjo siap berakselerasi untuk berprestasi gemilang di tingkat nasional, seperti yang disampaikan oleh dr. Hidayatullah, Sp.N selaku Rektor UMAHA Sidoarjo,” Ungkapnya.

Wulan Purnamasari, S.E, M.SM selaku Direktur Kemahasiswaan UMAHA Sidoarjo juga menyampaikan harapannya terhadap Tim Ormawa UKKI UMAHA Sidoarjo yang berhasil mendapat pendanaan.

“Ini bukanlah akhir dari perjuangan, Tim Ormawa UKKI UMAHA Sidoarjo harus mempersiapkan dengan sebaik-baiknya terkait dengan program yang telah dirancang dalam proposal untuk dapat direalisasikan secara maksimal, serta dapat berkomitmen memberikan kontribusi positif kepada masyarakat khususnya pada Desa Mitra,” Terangnya.

Tim Kemahasiswaan UMAHA Sidoarjo juga akan memberikan pendampingan serta dukungan berupa monitoring dan evaluasi dengan melakukan kunjungan secara berkala ke Desa Mitra untuk memantau progres dari program -program yang dilaksanakan sampai tuntas, guna memastikan Tim Ormawa UKKI UMAHA Sidoarjo dapat melenggang hingga ke Program Abdi,” Tutupnya. (Red)