Dies Natalis Ke-1 Universitas Anwar Medika Sidoarjo, Kokoh Segala Bidang

23

Zonaterkini.com _ Puncak acara Dies Natalis Universitas Anwar Medika Sudoarjo, Jawa Timur ke-1 menjadi Universitas. Kokoh dalam bidang apapun, termasuk dalam pendidikan juga memberikan manfaat kepada masyarakat. Bertema “Terus Tumbuh Berkembang Mencetak Generasi Emas, Sabtu (25/2/2023).

Kegiatan tersebut di hadiri Ketua Dewan Pembina Yayasan RS Anwar Medika Sidoarjo, dr. Agus Fahrudin Farid, Ketua Yayasan RS Anwar Medika Drs. H. Abdul Ghofur, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII Prof. Dr. Dyah Sawitri, S.E., M.M.,
Ketua Senat Universitas Anwar Medika dr. Hj. Farida Anwari, M.P.H., M.M., Presiden BPH Universitas Anwar Medika sekaligus Direktur Rumah Sakit Anwar Medika dr. Nungky Taniasari M.ARS.

Dihadiri juga seluruh para Pimpinan Anwar Medika Corporate dan Perwakilan Stakeholder Universitas Anwar Medika serta para dosen, tenaga kependidikan di lingkungan Universitas Anwar Medika Sidoarjo.

Rektor Universitas Anwar Medika Sidoarjo, Martina Kurnia Rohman, S. Si., M. Biomed mengatakan, pada Puncak Acara Dies Natalis ke-1 Universitas Anwar Medika Sidoarjo ini setelah mengalami perubahan bentuk. Tadinya bernama STIKES Rumah Sakit Anwar Medika dan menjadi Universitas pada Februari 2022 lalu.

Adapun tema dari Peringatan Dies Natalis ke-1 Universitas Anwar Medika Sidoarjo ini adalah “Terus Tumbuh Berkembang Mencetak Generasi Emas”, Ujarnya.

Dies Natalis ke-1 Universitas Anwar Medika Sidoarjo terdiri dari serangkaian acara yang kami awal dengan pembukaan berupa penanaman pohon secara simbolis.

“Menanam pohon berarti menanam harapan, mengakar kuat dengan tata kelola perguruan tinggi yang baik. Batang yang tumbuh dengan kokoh menggambarkan kekuatan, integritas dan kredibilitas institusi. Cabang dan ranting yang mengayomi, serta daun dan buah dengan harapan memberikan manfaat. Harapan kami bahwa Universitas Anwar Medika di Dies Natalis yang ke-1 setelah menjadi Universitas ini dapat berdiri kokoh dan memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya melalui pendidikan. Pemantapan Sistem tata Kelola Perguruan tinggi yang baik ini diwujudkan melalui Penerimaan Sertifikasi ISO Manajemen 9001,” Jelasnya.

BACA JUGA :  Rafi Pratama Putra, Sosok Pelatih Paskibraka SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo Tonjolkan Kedisiplinan

Rangkaian Dies Natalis ke-1 UAM terdiri berbagai kegiatan di antaranya, seminar dan kuliah pakar, workshop akademik dan kewirausahaan, latihan kepemimpinan organisasi mahasiswa, perlombaan bagi siswa SMA, pemilihan duta kampus, bazar kewirausahaan serta pentas seni mahasiswa yang keseluruhannya melihatkan lebih dari 150 sekolah menengah atas, yang tersebar di Wilayah Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Papua.

Kegiatan ini juga melibatkan lebih dari 30 stakeholder yang berpartisipasi dalam kegiatan Dies Natalis UAM. Melalui rangkaian kegiatan pada ulang tahun pertama ini, Universitas Anwar Medika semakin dapat menunjukkan eksistensinya di dunia pendidikan serta dapat berkolaborasi dengan institusi pendidikan lainnya maupun dunia usaha dan dunia industri.

Hal ini dibuktikan dengan penerimaan penghargaan sebagai salah satu perguruan tinggi dengan kerja sama terbanyak melalui Anugerah Kampus Unggul LLDIKTI VII pada Tahun 2022. Penghargaan ini tentu menjadi cambuk bagi kami untuk dapat meningkatkan kolaborasi dengan segenap pihak agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi mahasiswa, lulusan, perkembangan riset dan inovasi serta peran perguruan tinggi bagi masyarakat,” Tambahnya.

Sebagai tema besar dari Dies Natalis ini yaitu tumbuh berkembang mencetak generasi emas, merupakan amanat besar bagi kami untuk dapat mencerdaskan kehidupan bangsa, mencetak generasi muda yang tangguh dan berdaya saing untuk dapat menghadapi kerasnya persaingan global. Tentulah dalam upaya tersebut, kami tidak bisa sendiri. Kami membutuhkan kolaborasi yang erat dengan Bapak Ibu para Stakeholder yang juga hadir dalam acara ini,” Katanya.

Bagi Institusi Sekolah Menengah Atas, pendidikan terbaik bagi calon mahasiswa baru merupakan tongkat estafet yang harus terus dikembangkan. Tanggung jawab yang sama dan perlu diteruskan ini membuat kami menganggap penting untuk dapat berkolaborasi dengan sekolah. Begitu juga bagi dunia usaha dan dunia industri, adanya kesenjangan dan gap perkembangan ilmu pengetahuan yang ada di perguruan tinggi. Dengan perkembangan teknologi dan regulasi yang ada di Dunia usaha dan industri, membuat kami berupaya untuk dapat terus berkolaborasi. Sehingga lulusan kami betul-betul siap untuk dapat menjawab tantangan di dunia kerja dan juga menjadi solusi bagi permasalahan di masyarakat,” Imbuhnya.

BACA JUGA :  Pengajian Umum Kitab Risalatul Muawanah di Jemundo

Akhir kata, melalui Puncak Acara Dies Natalis ke-1 Universitas Anwar Medika berkomitmen untuk terus mengembangan tata Kelola dan budaya organisasi pendidikan tinggi yang baik dan siap berkolaborasi dengan seluruh pihak. Demikian yang dapat kami sampaikan pada acara Puncak Dies Natalis Universitas Anwar Medika. Semoga Allah SWT memberikan petunjuk dan pertolongannya. Amin Amin ya Robbal Alamin,” Tutupnya. (An)