Perdalam Hafalan, Berikut 5 Pesantren Tahfidz Al Qur’an di Jatim, Ada DAFI Sidoarjo

109

ZONATERKINI.COM — Beragam lembaga pendidikan yang menyediakan Tahfidz Al Qur’an sekarang ini banyak diburu siswa atau orang tua yang menginginkan anaknya menjadi hafidz Al Qur’an.

Walaupun banyak lembaga pendidikan non pesantren menyediakan, namun Tahfidz Al Qur’an yang disediakan lembaga pendidikan pesantren tetap menjadi pilihan utama. Apalagi jika di lembaga tersebut juga ada pendidikan akademisi.

Jawa Timur dikenal banyak memiliki pesantren Tahfidz Al Qur’an yang unggul. Memiliki fasilitas yang memadai, Tahfidz Al Qur’an dan pendidikan akademis yang diampu oleh guru-guru Tanfidz Al Qur’an dan tenaga kependidikian berkualitas, lulusannya banyak meneruskan pendidikan ke perguruan-perguruan tinggi terkenal di dalam dan luar negeri. Berikut 5 lembaga menyediakan Tahfidz Al Qur’an dan akademis yang banyak diminati masyarakat.

1. DAFI Pesantren Al Qur’an Science, Sidoarjo.

DAFI Pesantren Al Qur’an Science merupakan gambaran pesantren Tahfidz Al Qur’an modern yang memiliki 2 jenjang pendidikan formal. Yakni SMP dan MA yang mengusung tujuan untuk mewujudkan generasi pemimpin Indonesia hafal Al Qur’an, berjiwa nasionalis, dan berkompetensi global.

Penyeimbangan pembelajaran Al Qur’an dan akademik terbukti melalui banyaknya hafidz -hafidzah yang sampai saat ini sudah mencapai 290 penghafal Al Qur’an 30 Juz serta banyaknya santri lulusan diterima di Universitas terbaik dalam dan luar negeri. Lingkungan pendidikan yang asri dengan diraihnya predikat sekolah Adiwiyata Provinsi dan tempat terpisah antara putra serta putri menjadi keunggulan tersendiri dalam pemfokuskan belajar santri.

Pendampingan 24 jam dan pola kepengasuhan yang berprinsip pada pesantren ramah santri membuat para santri nyaman dan betah untuk tinggal di pesantren. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya santri yang meneruskan ke DAFI jenjang MA, karena rata-rata para orang tua dan santri yakin bersama DAFI akan menuntaskan hafalan 30 Juz Al Qur’an.

BACA JUGA :  Sosialisasi PPS Desa Pakel Tuban Berlangsung Ceria

2. Pesantren Tahfiz Qur’an Lirboyo, Kediri.

Pesanten Tahfidz Al Qur’an ini khusus putri. Masih satu management dengan pesantren Lirboyo. Berdiri secara natural, karena awalnya ada orang tua yang ingin anaknya berkhidmah kepada KH. Ahmad Idris Marzuqi. Anak yang bernama Arifah ini ditolak halus, namun namanya orang sudah percaya penuh ke Kyai, permintaan itu terus didesak. Hingga menjadi khadim di keluarga Kyai, dan menjadi penyimak Al Qur’an Bu Nyai. Hj. Khodijah ketika menghafal.

Secara natural, pesantren tahfidz Al Qur’an ini berkembang hingga santrinya semakin banyak. Kebesaran pesantren tahfidz Al Qur’an ini juga efek kharismatik atau pengaruh besar Kyai di pesantren induk Lirboyo.

3. Pesantren Tahfiz Al Qur’an Luqman Al Hakim, Surabaya.

Pesantren tahfidz Al Qur’an Luqman Al Hakim ini memang tidak biasa. Biasanya pesantren tahfidz Al Qur’an selalu lokasinya di daerah pegunungan yang dingin dan jauh dari kota. Namun pesantren tahfidz Al Qur’an Luqman Al Hakim ini justru berada di kawasan elite Surabaya. Lokasinya persis di depan perumahan terbesar di Surabaya Timur. Persisnya juga sisi timur Kampus ITS Surabaya.

Bagi yang berasal dari luar jawa, mendapatkan pesantren tahfidz Al Qur’an Luqman Al Hakim ini tidaklah sulit. Cukup 20 menit dari Bandara Internasional Juanda. Bilang ke pesantren tahfidz Al Qur’an Luqman Al Hakim daerah Kampus ITS sudah sangat familiar.

4. Pesantren Tahfiz Al Qur’an Daarul Hijrah.

Pondok pesantren tahfidz Al Qur’an ini terbilang baru. Berdiri kurang lebih 7 – 8 tahun yang lalu. Berada di Surabaya juga dan letaknya di Surabaya Timur. Letaknya dipinggir jalan utama yang menghubungkan dari Perumahan Pakuwon ke Keputih.

Menerima jenjang SMP dan SMA khusus putra saja, masuk di pondok pesantren ini, tidaklah mudah. Selain kualitas hafalan yang harus sudah memiliki basik, namun juga ada standart sosial. Harus yatim piatu dan dhuafa, karena pesantren ini dibangun untuk tahfidz yatim piatu dan dhuafa.

BACA JUGA :  Alumni SMP Negeri Kedungadem Angkatan 1993 Berbagi Takjil

5. Pesantren Tahfiz Al Qur’an Al Fattah Temboro.

Pesantren tahfidz Al Qur’an Al Fattah lokasinya ada di Desa Temboro Magetan. Satu kabupaten yang ada di sisi paling barat Jawa Timur. Pesantren Al Fattah memang tidak begitu akrab di telinga. Justru nama Temboro lebih familiar.

Ada ribuan penghafal Al Qur’an di Pesantren tahfidz Temboro. Terakhir jumlah total keseluruhan santri mencapai 16,000 santri. Bayangkan bagaimana proses makan dan memasaknya. Berapa luas masjidnya untuk menampung sekian ribu santri tersebut. Agar tidak terbawa penasaran, anda bisa survei ke lokasi langsung. Lokasinya tidak jauh dari terminal Maospati Magetan. (Red)