Penggalang Peduli Lingkungan Ala SD Al Muslim Sidoarjo

36

ZONATERKINI.COM — Tepat pukul 07.30 – 08.00 WIB, segenap penggalang SD Al Muslim Sidoarjo, Jawa Timur yang terdiri dari seluruh siswa kelas V duduk rapi. Mereka semua menyimak setiap penjelasan yang disampaikan Ustadzah Jujuk selaku Pembina Pramuka SD Al Muslim Sidoarjo gugus depan 151857-151858 di bumi perkemahan Emak Farm di Jl. Raya Wadung Asri No. 21 Sidoarjo.

Kegiatan PERJUSA dan Peringatan Hari Air Sedunia yang dilaksanakan selama dua hari, yaitu Sabtu – Jumat, pada 17 – 18 Maret 2023 dengan tema “Stop Water Crisis and Love Sanitation with SD Al Muslim Scout” berlangsung meriah.

Kegiatan yang dihelat SD Al Muslim Sidoarjo kali ini merupakan pengejewantahan dalam pembentukan profil pemimpin yang Rahmatan Lil Alamin. Seperti visi – misi sekolah dengan jargon Sekolah Sang Pemimpin yang berlokasi di Jl. Raya Wadungasri 39F, Waru, Sidoarjo.

Selama dua hari, semua peserta kegiatan terlibat aktif membangun profil Personal Exellence, Living Health and Green, dan Critical Thinking. Melalui kegiatan yang disusun kreatif oleh tim panitia Perjusa dan Kegiatan Hari Air Sedunia yang terdiri dari Ustadzah Jujuk, Ustadzah Nisa, Kak Aldo, Kak Doni, dan Kak Adit selaku Pembina Pramuka serta Ustadzah Titin selaku penanggung jawab kegiatan hari air sedunia. Ustadzah Zaim wali kelas kelas V Al Farabi dan Guru Green Education, para wali kelas Ustadzah Muya, Ustadzah Dea, Ustadzah Dini, Ustadzah Iis, dan Ustadzah Rara mewakili Ustazah Triana.

Pembukaan kegiatan Perjusa dan Hari Air Sedunia dibuka oleh Ustadzah Fatimatuz Zahroh, S.Pd., M.Pd., selaku Kepala SD Al Muslim Sidoarjo.

Beliau dalam sambutannya menyampaikan bahwa anak – anakku, ada hal penting yang perlu diperhatikan dalam kegiatan ini. Kalian belajar disiplin dan bertanggungjawab, sehingga bisa menerapkan sikap mandiri, dapat dipercaya, peduli, tanggung jawab terhadap diri sendiri, kelompok, lingkungan, mampu bekerja sama, serta menerapkan sikap berbudaya dan peduli terhadap lingkungan. Dimana semua itu merupakan profil lulusan SD Al Muslim,” Terangnya.

BACA JUGA :  SRPB Jatim Gelar Bimtek Srikandi Siaga Bencana

Serangkaian jelajah yang dilakukan bukan sekedar menemukan informasi, membaca sandi, kegiatan api unggun, dan ajang kreasi semata. Salah satu keunikan jelajah dilakukan oleh semua peserta adalah melewati satu pos yang mengharuskan segenap tim regu bisa sampai di sana dengan melakukan kegiatan penemuan informasi kondisi sungai dan keterkaitannya dengan perilaku warga sekitar.

Di sini, peserta akan mengukur asam basa air sungai dan melakukan wawancara terkait perilaku dan budaya lingkungan warga sekitar sungai.

“Sebagai sekolah peduli dan berbudaya lingkungan sehat dengan visi membentuk generasi pemimpin yang Rahmatan Lil Alamin. Kami berharap dengan melakukan kegiatan Perjusa dan Peringatan Hari Air Sedunia ini akan terbentuk pribadi pemimpin Rahmatan Lil Alamin di SD Al Muslim Sidoarjo. Ini seperti yang diharapkan dan tertuang dalam profil lulusan SD Al Muslim Sidoarjo,” Tutup Ustadzah Fatimatuz Zahroh, S.Pd., M.Pd.,di tengah kegiatan.

Penulis: Zaimatus Zaifaro, M.Pd.