Mashudi Zakariah, Kepala SMK Walisongo 1 Gempol Fasilitasi Siswa Kuliah di Jerman

15

Mashudi Zakariah.

Zonaterkini.com _ Siswa SMK tidak hanya ketika lulus langsung bekerja, tetapi juga dibarengi dengan berbagai fasilitasi penunjang lainnya. Ada siswa yang hendak melanjutkan ke perguruan tinggi, ada pula langsung bekerja.

Kepala SMK Walisongo 1 Gempol Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur Mashudi Zakariah mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Global Katalyst untuk memberangkatkan siswa kuliah di Jerman. Modelnya praktek di industri. Selama empat tahun menempuh pendidikan, kemudian mendapat ijazah juga mendapat sertifikat internasional,” Ungkapnya, Minggu (12/2/2023).

Mashudi menjelaskan, Global Katalyst sendiri merupakan vokasi dari Pemerintah Jerman. Dimana mereka telah bekerjasama dengan SMK di Indonesia, salah satunya di SMK Walisongo 1 Gempol ini.

“Sudah ada tiga anak yang kami berangkatkan,” Imbuhnya.

Untuk mendukung pencapaian siswa itu, pihaknya akan menjadikan pelajaran Bahasa Jerman sebagai Muatan Lokal (Mulok). Sebab untuk bisa berangkat ke Jerman, siswa harus menempuh pelajaran Bahasa Jerman selama 1.000 jam,” Tambahnya.

Kemungkinan, kata Mashudi, akan dimulai pada kelas X untuk belajar dasarnya. Dilanjutkan pada kelas XII dan XII. Sehingga ketika lulus bisa siap dan mampu untuk berbahasa Jerman. (An)

BACA JUGA :  Mensos Tri Rismaharini: TPPO Karena Faktor Kemiskinan