Kurikulum Merdeka, SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo Gelar Karya Batik Tulis

12

Kepala SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo, Jawa Timur, Saiful Tulus Jatmika (baju batik) bersama Liza, Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo

Zonaterkini.com _ SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo, Jawa Timur mengadakan gelar karya batik tulis dan proyek penguatan profil pelajar pancasila P5 dengan tema “Pesona Batik Spuber Wujud Akulturasi Budaya Sidoarjo”, Senen (30/1/2023).

Kepala SMP Sepulu Nopember Sidoarjo, Jawa Timur Saiful Tulus Jatmika mengatakan, kurikulum merdeka terdapat proyek penguatan profil pelajar pancasila P5. Serangkaian membatik ini juga sebagai proses memamerkan, mendisplay dan mempersentasikan hasil karya siswa kepada seluruh satu kelompok guru serta wali murid.

“Karena tahapan panjang itu, butuh ketelitian proses sehingga tidak bisa menjadikan batik satu kali jadi. Butuh pendampingan dari pembimbingnya,” Ujar Saiful Tulus Jatmika

Selain itu, bukan hanya pada fokus pada karyanya saja, tetapi prodaknya juga harus diperhatikan.

“Tujuannya untuk menanamkan nilai – nilai yang terkandung dalam proses membatik itu membutuhkan tahapan panjang,” Terang Saiful Tulus Jatmika.

Harison Angling Prakosa selaku Ketua Pelaksana menyampaikan, sebelum proses pembuatan batik, para guru diberi pelatihan dulu yang berkerjasama dengan Kampus Unesa Fakultas Seni. Yakni bagaimana cara membatik, mencanting dan sebagainya,” Tuturnya.

Liza, Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo menyampaikan, kegiatan ini sangat luar biasa dan tidak disangka dapat mengekspor kompetensi diri mereka.

“Inilah salah satu dari penerapan kurikulum merdeka siswa, dengan lebih merdeka untuk mengeluarkan ekspetasi pada siswa dan hasilnya luar biasa juga minat siswanya,” Tutupnya. (An)

BACA JUGA :  SMK YPM 1 Sidoarjo Adakan Pemilihan Ketua Osis, Wadah Bersosialisasi dan Berorganisasi