Komunitas Guru Belajar Nusantara Sidoarjo Adakan Temu Pendidik

27

Istimewa

Zonaterkini.com _ Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Kabupaten Sidoarjo mengadakan kegiatan Temu Pendidik Nusantara X. Dengan tema “Tumbuh Berkelanjutan Perubahan Pendidikan Melampau Ruang Kelas”, kegiatan tersebut bertempat di SMA Pembangunan Jaya Sidoarjo, Sabtu (2/9/2023).

Dari temu pendidikan nusantara ini ada 50 daerah diseluruh Indonesia dimulai pada, Sabtu dan Minggu tanggal 2 – 3 September 2023.

Ketua panitia, Devy Agus Krisna Yunita, S.Pd mengatakan bahwa kegiatan ini dihadiri seluruh pendidik dari Sidoarjo, serta pesertanya dari Pasuruan, Mojokerto, dan Madura. Acara ini di dudukung beberapa Komunitas Lali Gadget, Komunitas Penggerak Sidoarjo dan ada 20 pembicara.

Kegiatan Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) ini merupakan gelaran yang ke-10 kali, banyak yang berubah seperti pembicaranya sekarang lebih banyak pesertanya,” Terangnya.

Selain itu, juga di dukung beberapa sponsor, dan tumbuh berkelanjutan berhubungan dengan kurikulum merdeka. Dimana mampu mengubah paradigma baru, dulu setiap pembelajar guru sering lebih banyak tampil, kalau sekarang lebih ke muridnya.

“Muridnya melakukan aksi nyata, murid melakukan penelitian, jadi guru sebagai fasilitator, dan tumbuh berkelanjutan melampaui ruang kelas. Jadi tidak diruang kelas saja tapi guru dan anak-anak bisa belajar diluar kelas,” Terangnya.

Dikatakan, selama ini kita menggandeng teman dari Komunitas Kampung Lali Gadget dan Komunitas Penggerak Sidoarjo. Pembelajaran tidak selalu menggunakan gadget, juga bisa melalui permain tradisional, maka kita menggandeng lali Gadget,” Ungkapnya.

Harapannya, semoga kegiatan ini dapat di sampaikan ke sekolah masing-masing dan bisa melakukan perubahan yang terbaik. Dari sekolah yang dulunya menggunakan paradigma lama sekarang menggunakan paradigma baru,” Tutupnya. (*Red)

BACA JUGA :  Pembaruan Pemberian Vaksinasi Covid-19, Ini Kata Kemenkes