KB-TK Al Muslim Jatim Gelar Orasi Tarhib Ramadan

10

Foto: Istimewa

ZONATERKINI.COM — Dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1445 Hijriyah yang tinggal hitungan hari lagi, umat Islam di seluruh dunia menggelar berbagai acara.

Tak ketinggalan, KB-TK Al Muslim Sidoarjo, Jawa Timur menggelar kegiatan tarhib Ramadan dengan tema ‘’Sang Pemimpin Cilik Menyambut Ramadan Dengan Riang Gembira”.
Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat, 8 Maret 2024 tersebut melibatkan 149 siswa dari KB-TK Al Muslim Sidoarjo, didampingi para usatadzah yang memakai baju muslim nuansa putih.

Kegiatan yang diawali dengan berbaris di halaman sekolah untuk persiapan pawai dan orasi keliling ke gedung SMA dan SMP. Ketika di gedung SMA orasi tarhib Ramadan dipimpin kelompok TK B di depan kakak-kakak SMA dan para ustad-ustadzah, di gedung SMP orasi dipimpin oleh kelompok TK A serta di gedung koperasi orasi dipimpin kelompok bermain Kuncup dan Mekar.

Selama pawai, para siswa sangat riang gembira dengan menunjukkan bunyi yel-yel dan sambil membawa poster kreasi siswa-siswi yang sudah dibuat selama empat hari untuk menyambut Ramadan penuh berkah.

Kegiatan tarhib Ramadan ini merupakan program tahunan yang bertujuan mengajarkan kepada siswa untuk selalu bergembira dan menyiapkan diri menyambut kedatangan bulan suci Ramadan. Tidak hanya untuk siswanya kegiatan pawai orasi ini juga bertujuan untuk mengajak yang ada di lingkungan sekolah agar mempersiapkan dan menyambut bulan Ramadan dengan penuh semangat serta beribadah dengan maksimal,” Ungkap Siti Aminah, M.Pd., selaku Kepala KB-TK Al Muslim Sidoarjo, Sabtu (9/3).

Kegiatan selanjutnya yaitu berkumpul di Aula KB-TK Al Muslim Sidoarjo untuk menyimak sambutan dari ustadzah guna menyampaikan pesan serta tujuan dari kegiatan ini. Yakni untuk mensyiarkan sekaligus menanamkan rasa kegembiraan menyambut bulan suci Ramadan. Selanjutnya kegiatan edukasi tentang Ramadan yang disampaikan oleh ustadzah dengan menyimak video bersama-sama. Terlihat siswa-siswi sangat tertib dan antusias ketika menyimak video tersebut. Siswa-siswi juga diajak tanya jawab tentang isi video.

BACA JUGA :  DAFI Pesantren Al Qur'an Science Sidoarjo, Cetak Santri Pemimpin Berkompetensi Global

Ananda Khalil TK B-3 dengan berani maju ke depan menjawab pertanyaan dari ustadzah. Tidak ketinggalan ananda Una TK A juga berani menjawab pertanyaan dari ustadzah.

Rangkaian selanjutnya siswa-siswi diajak untuk maju ke depan melakukan orasi tarhib Ramadan perkelas. Salah satu siswa kelompok bermain Mekar 2 yaitu ananda Azka memimpin menyerukan yel-yel menyambut Ramadan dengan mengucapkan ajakan ’’Satu, Dua, Tiga” Ramadan telah tiba. Tiga, Empat, Lima mari kita puasa teman-teman, yang lainnya mengikuti yel-yel sambil menunjukkan hasil karya poster yang dibuatnya.

Tampilan kedua yaitu TK A diwakili oleh ananda Freya, Rara, Icha, syifa, Aira, Gema, menyerukan orasi ajakan menyambut Ramadan dengan gembira sambil membawa poster. Selanjutnya tampilan ke tiga yang dipimpin oleh perwakilan siswa dari TK B yaitu Raka, Sofia, Syifa, Rania, Aira, dan Khalil dengan membawa alat musik drum sambil membawa poster menyambut ramadan menyerukan orasi kepada teman dan ustadzah.

Kegiatan penutup, ustadzah mengajak siswa-siswi bernyanyi bersama untuk menyambut bulan Ramadan serta mengajak mengucapkan sambut bulan Ramadan bersama-sama dengan penuh semangat, Marhaban ya Ramadan.

Kegiatan seperti ini merupakan salah satu profil lulusan KB-TK Al Muslim yaitu Religious And Social (Spiritually Rich). Sebagai upaya mendidik siswa sejak dini untuk mengenalkan syiar islam dalam rangka mengenalkan hari besar islam dalam menyambut bulan suci Ramadan dengan penuh semangat dan riang gembira,” Tutup Siti Aminah. (Red)