Da’i Muda Berkhidmat, DAFI Latih Santri Dakwah di Daerah

59

ZONATERKINI.COM — Dafi Pesantren Al Qur’an Science menggelar Da’i Muda Berkhidmat (DMB). Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 71 santri. Mereka akan berdakwah selama 20 hari di empat daerah. Yaitu Malang, Mojokerto, Lamongan dan Bojonegoro.

Koordinator Dai Muda Berkhidmat, Ustadz Khoirul Anam, Lc mengatakan, kegiatan tersebut dimulai sejak Selasa (21/3) hingga Selasa (8/3) mendatang. Puluhan santri yang mengikuti kegiatan tersebut berasal dari Kelas XI dan XII.

Sebelum berangkat bertugas, para santri mendapatkan pembekalan dari direktur dan penanggungjawab DMB. Para santri dibekali mengenai kiat-kiat dakwah di masyarakat. “Serta hal-hal apa saja yang tidak perlu dilakukan di masyarakat,” Ujarnya.

Para santri juga dilatih menjadi imam salat dan memberi kultum usai salat. Kegiatan itu digelar untuk melatih santri bersosialisasi dengan masyarakat dan tampil di depan umum. Sebelumnya mereka telah diseleksi untuk dipilih mengikuti kegiatan itu.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat melatih para santri untuk menjadi pemimpin hafal Alqur’an, berjiwa nasionalis dan berkompetensi global.

“Sehingga membawa dampak positif kepada masyarakat,” Imbuhnya.

Menurut Khoirul, para santri tersebut terdiri dari 44 santriwati, dan 29 santriwan. Mereka sebelumnya juga dibekali gambaran umum tentang objek dakwah. Tujuannya agar dapat beradaptasi. Sebab mereka juga bertugas mendidik anak-anak diniyiah atau sekolah dasar.

“Kami berharap agar santri mendapatkan pengalaman dakwah sebelum benar-benar terjun di tengah masyarakat yang memiliki beragam karakter,” Terangnya. (An)

BACA JUGA :  SMK YPM 1 Sidoarjo Adakan Pemilihan Ketua Osis, Wadah Bersosialisasi dan Berorganisasi